Ramadan, Bulog Sediakan 63,18 ton Daging Beku

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 403

Ramadan, Bulog Sediakan 63,18 ton Daging Beku
Kepala Divisi Regional Badan Urusan Logistik (Bulog) Kalimantan Barat, Sabaruddin Ambrulah.
PONTIANAK, SP – Kepala Divisi Regional Badan Urusan Logistik (Bulog) Kalimantan Barat, Sabaruddin Ambrulah menerangkan untuk mencukupi kebutuhan permintaan daging beku selama Ramadan, pihaknya menyediakan 63,18 ton daging beku. Jumlah ini dikatakannya akan mencukupi kebutuhan.

“Kita menyiapkan 63,18 ton daging beku untuk kebutuhan masyarakat Kalbar. Stok ini bahkan cukup sampai Hari Raya Idul Fitri nanti,” katanya Minggu (13/5).

Pasokan puluhan ton daging sapi beku itu memang sengaja disiapkan untuk menjaga stok. Selain itu, diharapkan stok ini bisa menekan lonjakan harga daging sapi di pasaran. Daging sapi beku juga menjadi cara agar masyarakat menengah ke bawah bisa menikmati daging dengan harga terjangkau.

“Harganya Rp80 ribu per kilo. Tapi daging beku masih belum familiar di masyarakat,” katanya.

Kebanyakan masyarakat memang lebih nyaman mengonsumsi daging merah yang langsung mereka beli di pasar. Namun demikian, sejak beberapa tahun terakhir, upaya mendatangkan daging beku sebagai alternatif bahan makanan memang sudah dilakukan. Hanya saja, kebiasaan masyarakat masih belum begitu melirik jenis daging ini.

“Ini yang terus kita upayakan dan terus disosialisasikan sehingga masyarakat punya selera tinggi alternatif pilihan daging sapi untuk memenuhi kebutuhan,” tuturnya.

Tidak hanya daging beku, Sabaruddin juga memastikan stok bahan pangan pokok tercukupi. Berdasarkan data Perum Bulog Divre Kalbar, stok komoditas pangan se-Kalbar yakni 7.068.260 kilogram beras medium, 1.276.070 kilogram beras komersial, 4.926.200 kilogram gula pasir, 17.000 kilogram tepung terigu dan 68.160 liter minyak goreng.

“Stok itu disimpan di 17 unit gudang Bulog yang tersebar di Kalbar,” pungkasnya. (bls)