Pjs Wali Kota Ajak Tetap Rukun Usai Pilkada

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 275

Pjs Wali Kota Ajak Tetap Rukun Usai Pilkada
Pjs Wali Kota Pontianak, Mahmudah. (ist)
PONTIANAK, SP - Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Pontianak, Mahmudah mengajak masyarakat tetap bersilaturahim dengan sebagaimana biasa saat jelang dan usai pilkada 27 Juni mendatang. Kerukunan dan keharmonisan yang sudah tercipta saat ini menjadi kebanggaan. Tentu sayang bila rusak karena pilkada.

"Dalam pilkada pilihan kita boleh berbeda, sesuai hati nurani, tapi setelah pilkada, mari kita jadi masyarakat yang bisa bergaul dengan sesama. Artinya jangan pilihan tersebut membuat kita tidak tegur sapa, terpecah belah," ajaknya ketika membuka Safari Ramadan Pemkot Pontianak di Aula Kecamatan Pontianak Kota, Kamis (24/5) sore.

Apalagi melihat bulan Ramadan yang penuh berkah. Dia mengajak semua masyarakat meningkatkan ibadah, keimanan, silaturahim dan ukhuwah islamiyah di antara sesama. Safari Ramadan tersebut katanya program pemerintah untuk mendekatkan pemerintah ke masyarakat.Mahmudah turut menyampaikan pesan dan ajakan tetap menjaga persatuan, silaturahmi dan toleransi. Semua orang tahu, Kota Pontianak terdiri dari berbagai macam suku dan agama. Dan kiranya itu tidak jadi halangan untuk menjalin silaturahmi.

Di Pontianak Kota suasana di antara masyarakat terjalin harmonis, tidak pernah terdengar ada perselisihan terkait agama atau suku bangsa. Dia pun mengajak semua sama-sama berbuat untuk suasana menyejukkan. Salah satunya dengan tidak terlibat dalam berita hoaks.

"Jadi mari kita sampaikan informasi menyejukkan dengan tidak membuat berita yang bersifat fitnah dan mengkronfontasi orang lain. Cerdas di media sosial, menyampaikan informasi yang bermanfaat untuk kita semua," ajaknya.

Media sosial menurutnya, jika digunakan secara bijak, akan sangat bermanfaat karena di situ bisa disampaikan informasi bagaimana meningkatkan keimanan, kesehatan, sampai pembangunan. Bijak dalam bermedia sosial akan membawa dampak besar bagi Pontianak. Termasuk kecamatan di mana kita tinggal.

"Saya Pjs Wali Kota Pontianak dengan masa kerja empat bulan. Kesempatan ini saya untuk mengenal warga masing-masing kecamatan. Saya sebenarnya warga Pontianak Kota," ungkapnya.

Maka dia pun mengaku bangga dengan sejumlah pencapaian yang diraih kecamatan. Hal tersebutlah yang diharapkan pemerintah, agar warga merasa aman, nyaman dan dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan tenang dan tenteram dalam kota yang bersih yang terawat. Apalagi dikatakan bahwa kawasan kumuh terus berkurang, karena pengentasan kawasan kumuh memang program Pemerintah Kota pontianak.

"Kalau tidak salah saya tinggal berapa persen lagi. Semoga tidak ada lagi kawasan kumuh di Pontianak, dan masyarakatnya bisa menikmati fasilitas air bersih, dan bisa merasakan berbagai program untuk masyarakat," jelasnya.

Sore itu dia sempat menyinggung soal berbagai teror yang terjadi di kota lain, dia menjelaskan ada peran alim ulama dan tokoh masyarakat, agar masyarakat dalam suasana tentram. Bagaimana para tokoh menyejukkan bila ada ribut-ribut kecil di masyarakat. Termasuk peran Siskamling yang menurutnya demikian penting.

"Satpol-PP tiap malam juga patroli, melihat program siskamling, saya minta jangan hanya sekarang tapi seterusnya. Apalagi sering ada kebakaran, diharap dengan Siskamling tragedi macam itu cepat diketahui," katanya. (bls)