Operasi Ketupat Amankan 411 Titik Kegiatan Masyarakat

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 441

Operasi Ketupat Amankan 411 Titik Kegiatan Masyarakat
Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2018 di Taman Alun-alun Kapuas, Rabu (6/6). (SP/Rah)
PONTIANAK, SP – Kepolisian Daerah Kalimantan Barat melaksanakan gelar pasukan Operasi Ketupat Kapuas 2018, di Jalan Rahadi Usman, taman Alun-alun Kapuas, Rabu (6/6).

Ratusan personel kepolisian diturunkan dalam gelar pasukan kesiapan operasi ketupat tersebut. Selain itu, berbagai kendaraan pendukung operasi dan perlengkapan juga ditampilkan.

Tidak hanya itu, di akhir kegiatan, simulasi penanganan kecelakaan juga ditampilkan oleh personel Satlantas Polresta Pontianak bersama Dinas Kesehatan Kota Pontianak.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono yang memimpin langsung upacara, mengatakan bahwa di dalam operasi tersebut nantinya terdapat 19 instansi terkait dalam rangka mengamankan dan membantu kelancaran Hari Raya Idulfitri. Dari 19 instansi tersebut, di dalamnya terdapat unsur pemerintah daerah dan dinas-dinas terkait, TNI, Polri, Damkar, Pertamina dan lain-lain.

Personel di jajaran yang dilibatkan dalam operasi dari 19 instasi yang ada berjumlah 2.641 personel, dengan titik pengamanan sebanyak 411 titik kegiatan masyarakat, mulai dari masjid, terminal, tempat ibadah, pasar-pasar, tempat hiburan, tempat wisata dan lain-lain.

Jumlah personel tersebut menurutnya selain untuk mengamankan wilayah Kota Pontianak, juga untuk memback up jajaran, manakala ada hal-hal yang perlu di back up, karena menurutnya setiap Polres telah menentukan sendiri jumlah personel yang akan dikerahkan.

“Diharapkan lebaran atau Idulfitri 1439 Hijriah ini berlangsung dengan lancar, aman dan benar-benar bisa membawa nuansa agamis dan kekeluargaan bagi kita,” katanya.

Dibandingkan tahun sebelumnya, Didi mengatakan bahwa ada penambahan jumlah pasukan dalam rangka pengamanan Idul Fitri tahun ini.

Operasi tersebut, akan dilaksanakan diseluruh Indonesia, sementara di Kalbar akan dilaksanakan oleh seluruh Kapolres dan di fasilitasi oleh seluruh komponen di Kabupaten atau kota. (rah)