Rabu, 11 Desember 2019


Tiga Kabupaten Ini Masuk Zona Sulit Pendistribusian Logistik Pilkada di Kalbar

Editor:

Indra W

    |     Pembaca: 771
Tiga Kabupaten Ini Masuk Zona Sulit Pendistribusian Logistik Pilkada di Kalbar

ilustrasi logistik pilkada. (net)

PONTIANAK, SP - Kordiv Logistik KPU Kalbar, Mujiyo optimis pendistribusi logistik Pilkada 2018 berjalan sesuai rencana. KPU sudah mengintruksikan KPU kabupaten/kota untuk mendistribusikan logistik ke kecamatan yang dinilai mempunyai tingkat kesulitan tinggi.  

"Sejauh ini masih sesuai jadwal dan tahapan yang telah kita tentukan," tutur Mujiyo.  

KPU Kalbar telah memetakan kabupaten yang dikategorikan zona sulit. Seperti Kapuas Hulu, Ketapang, Sintang, Bengkayang, Landak dan Kubu Raya. Namun dari kesepakatan bersama, hanya tiga daerah yang masuk zona tersebut, yakni Kapuas Hulu, Ketapang dan Sintang.  

"Perlakuan untuk daerah yang sulit, salah satunya melalui penambahan-penambahan anggaran. Dengan anggaran yang memadai diharapkan bisa merekrut petugas-petugas yang bisa dikoordinasikan untuk menyampaikan logistik, utamanya transportasi dan sebagainya," jelas dia.

Rata-rata, dari 14 kabupaten/kota sudah ada yang menyalurkan ke kecamatan. Pendistribusian mengutamakan zona terjauh dan terluar.

"Walau pun baru ke kecamatan dan belum didistribusikan ke tingkat TPS. Kalau diperkirakan sudah di atas 70 persen yang didorong ke kecamatan," katanya.   

Tak hanya koordinasi dengan KPU kabupaten/kota, kerja sama dengan TNI dan Polri juga dijalin. Dua pihak tersebut yang mengawal pergerakan logistik, dari provinsi ke kabupaten sampai ke TPS. (iat)


  •