Antisipasi Serangan Fajar, Bawaslu Kalbar Lakukan Patroli Pengawasan

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 438

Antisipasi Serangan Fajar, Bawaslu Kalbar Lakukan Patroli Pengawasan
Ketua Bawaslu Kalbar, Ruhermansyah. (DOK SP)
PONTIANAK, SP - Ketua Bawaslu Provinsi Kalbar, Ruhermansyah memastikan kesiagaan pihaknya dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan pelanggaran Pilkada Serentak 2018, khususnya pada masa tenang dan juga kemungkinan adanya upaya-upaya transaksional dalam pemilihan atau money politik.

"Bawaslu Provinsi sudah mengintruksikan dan menjalankan namanya patroli pengawasan. Artinya jajaran kami di bawah bergerak dan melakukan patroli pengawasan, seperti pengawas TPS di lingkungan sekitar TPS. PPL juga melakukan monitor daerah desa atau kelurahan dan pengawas pemilu kecamatan dengan di suvervisi oleh sekretariatan tingkat kecamatan dan kabupaten," terang Ruhermansyah, Selasa (26/6).

Jadi dalam hal ini panwaslu kabupaten/kota kata Ruhermansyah, juga turun ke lapangan untuk melakukan suport dan memimpin patroli-patroli tersebut dengan dibantu jajaran sekretariatan.

"Tujuan dari patroli pengawasan ini kami memastikan jangan ada pelanggaran pemilu, seperti kampanye di luar jadwal, politik uang termasuk itu tadi untuk mengantisipasi istilahnya serangan fajar, " ujarnya.

Kemudian selanjutnya dijelaskan Ruhermansyah terkait dengan upaya mengantisipasi adanya penekanan atau imtimidasi pemilih.

"Jadi kalau ada yang coba-coba menekan, mudah-mudahan dengan adanya patrolis tersebut mereka tercegah niatan dan perbuatannya," katanya.

Selain itu pihaknya juga melakukan pemantauan guna memastikan TPS sudah tersedia dan siap, yang dibuat dan diadakan oleh KPPS dan itu harus sudah sehari jelang pencoblosan. (nak)