Menristekdikti Minta Akun Medsos Mahasiswa Didata, Untan Belum Terima Surat Resmi

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 348

Menristekdikti Minta Akun Medsos Mahasiswa Didata, Untan Belum Terima Surat Resmi
Menristek Dikti Mohamad Nasir. (Ist)
PONTIANAK, SP – Menristek Dikti M Nasir mengeluarkan kebijakan pendataan nomor ponsel dan akun media sosial bagi mahasiswa baru. Kebijakan ini akan diberlakukan pada saat penerimaan mahasiswa baru 2018.

Pernyataan tersebut disampaikan Nasir kepada sejumlah rektor perguruan tinggi negeri usai rapat koordinasi penanggulangan paham radikalisme di perguruan tinggi di Kantor Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta, 25 Juni lalu.

Menanggapi wacana kebijakan ini, Pembantu Rektor I Universitas Tanjungpura, Dr Aswandi berpendapat bahwa pihak kampus akan mengikuti saja.

“Kalau sudah menjadi keputusan pemerintah, ya kita ikut,” kata Dr Aswandi, Selasa (3/7).

Ia mengakui, sampai saat ini belum menerima surat resmi dari pemerintah terkait kebijakan ini.

“Tujuannya kan baik. Namun, kalau ingin dikaji, silahkan. Jika kurang efektif nantinya, kan bisa dievaluasi,” ucap Aswandi.

Calon mahasiswa baru juga tak ketinggalan memberikan pendapat. Niko, satu di antara calon mahasiswa baru yang berasal dari Kabupaten Kapuas Hulu mengatakan, setuju dengan wacana ini. 

“Saya sangat setuju dengan langkah yang diambil oleh Kemenristek dalam hal menangani paham-paham radikalisme yang menjadikan kaum muda sebagai sasaran,” kata Niko.

Menurut Niko, kebijakan tersebut tidak ada ruginya untuk dilakukan. Selain itu, supaya ada kontrol pada mahasiswa-mahasiswa baru agar dapat memfilter apa saja yang mereka lakukan. (lha)