KPU Kalbar: Jangan Daftar Caleg Dekat Tenggat

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 550

KPU Kalbar: Jangan Daftar Caleg Dekat Tenggat
Ketua KPU Provinsi Kalbar, Ramdan. (SP/Nanak)
PONTIANAK, SP - Ketua KPU Provinsi Kalbar, Ramdan mengatakan sejauh ini pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) masih dalam tahap penerimaan. Dia meminta para kandidat tak mendaftar dekat tenggat.

Untuk mendaftar, mereka harus mengisi formulir dan melengkapi dokumen-dokumen persyaratan calon.

"Itu harus mereka siapkan semua, termasuk syarat-syarat calon seperti KTP, ijazah yang sudah dilegalisir dan sebagainya. Kalau formulir-formulirnya mereka bisa diambil di Silon, kalau persyaratan lain mereka yang menyiapkan sendiri," jelasnya, kemarin.

Ramdan menambahkan persyaratan pencalonan dalam menggunakan formulir, bergantung penyusunan daftar caleg. Maksimal 100 persen sesuai dengan jumlah kursi per daerah pemilihan (dapil). Dia mengingatkan dalam setiap dapil harus menyiapkan keterwakilan 30 persen pencalonan dari kalangan perempuan. Hal itu harus terpenuhi oleh partai.

"Sampai hari ini kita masih menunggu parpol mendaftarkan Calegnya. Terkait dengan mekanisme Caleg mendaftar ke partai itu masing-masing partai, kami hanya menerima pendaftaran dari partai politik," jelasnya.

Ramdan berharap proses pendaftaran Bacaleg berjalan lancar. Dia meminta masing-masing partai politik memahami betul persyaratan pencalonan dan syarat calon.

"Mereka harus memenuhi yang sudah diatur, pada saat mendaftar ke KPU. Saya kira itu aja, yang jelas kami akan menunggu sesuai dengan tahapan yang telah ditetapkan 4-17 Juli 2018," jelasnya. (iat)