Senin, 23 September 2019


Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVII Tingkat Provinsi Kalbar, Kafilah Pontianak Dominasi Cabang Bergengsi

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 646
Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVII Tingkat Provinsi Kalbar, Kafilah Pontianak Dominasi Cabang Bergengsi

FOTO BERSAMA - Wakil Walikota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono foto bersama Kafilah Kota Pontianak, setelah berhasil meraih peringkat kedua pada MTQ XXVII Tingkat Provinsi Kalbar. (Ist)

Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVII Tingkat Provinsi Kalbar selesai digelar. Para pemenang yang menjuarai lomba MTQ ini diumumkan pada penutupan MTQ Tingkat Provinsi Kalbar di Stadion Opu Daeng Manambon, Mempawah, Jumat (6/7) malam.

SP - Kafilah Kabupaten Mempawah yang juga sebagai tuan rumah berhasil menggondol juara umum MTQ XXVII Tingkat Provinsi Kalbar, disusul oleh Kota Pontianak sebagai juara kedua dan Kabupaten Kubu Raya sebagai juara ketiga.

Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono yang hadir pada acara penutupan MTQ, mengungkapkan rasa syukurnya meskipun Pontianak belum berhasil meraih juara umum, namun beberapa cabang bergengsi didominasi oleh peserta dari Kafilah Pontianak. 

“Alhamdulillah cabang-cabang bergengsi berhasil kita juarai meskipun kafilah kita menduduki juara kedua,” ungkapnya, kemarin.

Ia berharap dengan diraihnya juara-juara beberapa cabang itu, para peserta dari kafilah Pontianak bisa mewakili Provinsi Kalbar pada MTQ Tingkat Nasional yang akan digelar di Medan. 

“Kita doakan semoga mereka-mereka ini bisa mengukir prestasi di MTQ Tingkat Nasional dan mengharumkan nama Kalbar maupun Kota Pontianak,” tuturnya.

Dia juga meminta agar nantinya mereka yang akan diutus mewakili Kalbar untuk mengikuti MTQ Tingkat Nasional, dapat mempersiapkan diri, dengan terus berlatih mengasah kemampuannya masing-masing sesuai dengan cabang-cabang yang diikuti. 

“Selain itu, saya harap mereka juga menjaga kesehatannya sehingga saat pelaksanaan MTQ Tingkat Nasional nantinya mereka dalam kondisi fit,” tambahnya.

Kemarin, Kafilah Kota Pontianak, berhasil meraih prestasi pada dua cabang lomba event Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVII Tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang dilaksanakan di Kabupaten Mempawah.

Adapun dua cabang lomba yang berhasil menempatkan Kota Pontianak sebagai finalis tersebut, yaitu Syahril Qur'an Golongan Putri yang digelar hari ini di panggung Terminal Mempawah dan Fahmil Qur'an Golongan Putra di Arena Mempawah Convention Center.

Ketua Harian LPTQ Kota Pontianak sekaligus Ketua Rombongan Kafilah Kota Pontianak, Aswani Sjamhoedi mengatakan, semua pihak telah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik bagi Kota Pontianak.

“Banyak peserta lomba dari kota Pontianak yang masuk final. Namun, yang terpenting kita berusaha yang terbaik, untuk memperoleh hasil yang maksimal,” katanya.

Dia juga mengatakan bahwa tim official Kota Pontianak selain memberikan motivasi bagi peserta serta mengingatkan perihal yang berkaitan dengan persiapan maupun pelaksanaan lomba, serta memantau agar peserta lomba selalu dalam kondisi yang prima terutama dengan menjaga kesehatan peserta.

Hal ini menurutnya agar peserta dapat tampil dengan maksimal, sehingga menghasilkan yang terbaik untuk Kota Pontianak.

“Kita selalu mengingatkan agar peserta selalu menjaga kesehatan, latihan yang baik, kemudian kita dukung dengan tambahan makanan dan buah-buahan. Bahkan, kita punya tim medis dari Pontianak, apabila ada peserta yang sakit bisa segera kita tangani,” tandasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Pontianak Sutarmidji berharap para kafilah dari kota itu, menunjukkan prestasi terbaik pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XXVII tingkat Provinsi Kalbar.

"Kita berharap qori dan qoriah, khususnya dari Kota Pontianak nantinya bisa mengukir prestasi, baik di tingkat lokal hingga nasional sehingga bisa mengharumkan nama Kalbar umumnya dan Pontianak khususnya," ujar Sutarmidji.

MTQ tersebut digelar mulai tanggal 1-7 Juli 2018 di Kabupaten Mempawah. Enam cabang yang diikuti Kota Pontianak, diantaranya Cabang Tilawah 10 peserta, Qiraat Saba`ah delapan peserta, Tahfiz Quran 10 peserta, Khatil Qur`an enam peserta, Syahril Quran enam peserta dan Fahmil Quran delapan peserta.

Adapun cabang-cabang yang berhasil diduduki peserta kafilah Kota Pontianak sebagai juara I sebanyak delapan cabang. Cabang-cabang tersebut adalah cabang Tilawah dewasa putra atas nama Taufiq Akbar, Qiraat Mujawat Putra,Juadi, Tilawah Remaja Putra, Syaiful Fahmi, Tilawah Remaja, Saadah Usman,Tilawah Anak-anak Putri, Malika, Tartil anak Putra, Restu Satrian Permana, Tartil anak-anak putri, Chairul Bariyah dan Tahfiz 5 juz Putra, Khairul Rasyid. 

Untuk pawai kendaraan hias, Pontianak berhasil meraih juara pertama. Sedangkan kategori pameran, Stand Pontianak meraih juara ketiga. (anugrah ignasia/ant/bob)