BPOM Pontianak Amankan 126 Merek Kosmetik Ilegal

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 859

BPOM Pontianak Amankan 126 Merek Kosmetik Ilegal
Sejumlah produk kosmetik tidak dengan izin edar yang diamankan BPOM Kalbar. ( SP/Rah)
PONTIANAK, SP - Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Pontianak mengamankan sebanyak 126 merek produk kosmetik tidak dengan izin edar serta mengandung bahan berbahaya.

“Kami dari Balai Besar POM Pontianak, dalam hal ini mendapat surat perintah dari Balai POM, dalam rangka aksi penertiban pasar dari kosmetik ilegal atau dengan bahan berbahaya,” ujar Plh Kepala BOM Pontianak, Kabid Serlik, Dra. Ida Lumongga, Apt, dalam rilis yang disampaikan di Kantor BPOM Pontianak, Selasa (24/7) siang.

Aksi penertiban pasar ini dilakukan serentak seluruh Indonesia, yang dimulai sejak bulan Juni dan Juli 2018.

Dari 126 item tersebut jika dijumlahkan, hasil tangkapan yang ada sebanyak 1.839 produk. Saat ini produk-produk tersebut telah diamankan di BPOM Pontianak.

Jika dihitung, nilai ekonomis dari seluruh produk yang disita tersebut mencapai Rp68.965.000.

Dari berbagai produk tanpa izin edar BPOM tersebut, pihaknya tidak dapat memastikan apa yang menjadi kandungan dan bahayanya, dikarenakan tidak diketahui apa saja kandungan produk tersebut.

“Kita tidak tahu kandungannya apa, karena belum terdaftar di BPOM,” jelasnya.

Produk kosmetik tersebut diamankan dari operasi yang dilakukan pada tiga wilayah di Kalbar, yaitu Kabupaten Ketapang, Kota Pontianak dan Kota Singkawang, yang ditemukan di pertokoan hingga di butik.

Dia mengatakan bahwa produk tersebut tidak dijual secara online, namun para penjual mengaku membeli produk-produk tersebut melalui online.

Penggunaan produk tanpa izin edar ini bisa saja berbahaya bagi kesehatan, karena dimungkinkan terdapat kandungan berbahaya seperti merkuri pada produk pemutih yang bisa berbahaya bagi kulit.

“Bisa menyebabkan kanker, atau mukanya bisa makin hitam dan efek jangka panjang. Cuma efek pemutihnya memang cepat,” imbuhnya.

Untuk itu, dia meminta agar masyarakat tidak membeli produk-produk secara online tanpa melakukan pengecekan serta sumber yang terpercaya, karena tidak dapat dipastikan kualitasnya.

Untuk memastikan sebuah produk telah terdaftar atau tidak di BPOM, masyarakat bisa mendownloal aplikasi Cek BPOM yang tersedia di Playstrore bagi pengguna android.

Selain itu masyarakat juga bisa melakukan pengecekan langsung pada kemasan produk, apakah tertera izin dari BPOM. (Rah)