Terima Hasil Penetapan Gubernur Terpilih, DPRD Kalbar Janji Senin Sudah Paripurna 

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 426

Terima Hasil Penetapan Gubernur Terpilih, DPRD Kalbar Janji Senin Sudah Paripurna 
Komisioner KPU Kalbar saat menyerahkan hasil Penetapan Gubernur Kalbar terpilih kepada DPRD Provinsi Kalbar. (SP/Nak)
PONTIANAK, SP - Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, H. Suma Jenny menerima langsung perwakilan KPU Provinsi Kalbar yang datang untuk menyerahkan hasil penetapan gubernur dan wakil gubernur Kalbar, Rabu (25/7).

Terkait hal ini, Suma Jenny pun memastikan dalam waktu dekat DPRD Provinsi Kalbar akan segera mengagendakan sidang paripurna penetapan gubernur terpilih.

"Setelah tadi malam penetapan paslon terpilih kepala daerah Kalbar, dari KPU datang ke DPRD untuk menyerahkan hasil penetapan tersebut dan kami dari DPRD menerima serta dalam waktu dekat, hari Senin nanti akan menyusun jadwal di badan musyawarah,"  kata Suma.

"Kebetulan saya menjadi koordinatornya untuk mengagendakan sidang paripurna istimewa penetapan calon terpilih kepala daerah," lanjutnya lagi.

Nanti menurut legislator Partai Golongan Karya (Golkar) ini, segera setelah paripurna penetapan maka akan langsung diajukan kepada Presiden melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Kita ajukan kepada presiden melalui Menteri Dalam Negeri untuk dilantik secepatnya berdasarkan hasil surat yang diantar oleh KPU ke DPR dan kita. Nomor suratnya 285 tertanggal 25 Juli 2018," imbuhnya.

Nantinya lanjut Suma, KPU Provinsi juga akan diundang untuk menghadiri Paripurna. Meski belum bisa menyebutkan tanggal pastinya, namun Suma mengatakan sesegera mungkin.

"Kita belum tahu ya, dalam rapat Bamus akan kita bicarakan karena saya tidak bisa memutuskan sendiri karena saya harus bersama teman-teman di DPR. Tetapi yang pasti jadwal badan musyawarah itu di hari Senin setelah kita paripurna dan kita langsung mengagendakan di hari Selasa, kebetulan hari Selasa itu kosong jadwal," kata Suma.

Suma sekali lagi memastikan bahwa semua akan diproses secepatnya karena memang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab mereka.

"InsyaAllah kita laksanakan secepatnya karena ini adalah tugas kami, tugas kita di DPRD, siapapun yang menang menjadi kepala daerah ini adalah tugas kita untuk menindaklanjuti secepatnya, tidak boleh lewat dari 20 hari," pungkasnya.

KPU Kalbar sebelumnya menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar Terpilih hasil Pilkada Serentak 2018, di Hotel Kapuas Palace, Selasa (24/7) malam.

Pleno yang dipimpin oleh Ketua KPU Kalbar, Ramdan ini menetapkan Sutarmidji-Ria Norsan sebagai gubernur dan wakil gubernur terpilih Kalbar periode 2018-2023. (nak)