Lanud Supadio Latihan Terbang Malam

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 444

Lanud Supadio Latihan Terbang Malam
Ilustrasi. (Net)
PONTIANAK, SP - Personel Skadron Udara 1 Wing Udara 7 dan pendukung penerbangan di jajaran Lanud Supadio melaksanakan latihan terbang malam. 

Latihan yang berlangsung beberapa hari ke depan ini, melibatkan para penerbang dan ground crew di jajaran Lanud Supadio.

"Latihan ini berguna untuk meningkatkan profesonalisme para penerbang dalam melaksanakan misi operasi penerbangan dalam situasi apapun," kata Komandan Skadron Udara 1 (Danskadud 1) Letkol Pnb Supriyanto, kemarin malam.

Dia menjelaskan, latihan terbang malam, mempunyai tujuan untuk meningkatkan profesionalisme para penerbang. Mampu dan terlatih melaksanakan misi operasi dalam semua kondisi baik kondisi siang maupun malam.

Karena itu, latihan terbang malam ini sangat penting sekali, sehingga dilaksanakan setiap bulan.

"Pelaksanaan terbang malam memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan terbang pada siang hari. Dalam terbang malam penerbang lebih banyak menggunakan instrument pesawat, dibandingkan dengan penggunaan visual seperti pelaksanaan terbang di siang hari," tuturnya.

Untuk itu, kata Supriyanto, latihan terbang malam ini sangat penting dilaksanakan sebab akan melatih konsentrasi dan akurasi pengendalian pesawat. Setiap penerbang wajib memiliki konsentrasi tinggi, sehingga pada saat melaksanakan berbagai manuver terbang dapat terlaksana dengan baik dan aman. 

Supriyanto menambahkan dalam setiap misi latihan, khususnya latihan terbang malam tentunya faktor keselamatan menjadi yang paling utama. 

Hal ini berlaku bagi seluruh personel, baik penerbang, teknisi maupun personel pendukung lainnya.

Dalam kegiatan itu, dia menekankan kepada seluruh personel, agar tetap mengutamakan faktor keselamatan selama pelaksanaan latihan terbang malam.

"Pastikan seluruh persiapan yang dilakukan sudah sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan, termasuk memperhatikan kondisi cuaca," katanya. (ant/bob)