Rabu, 18 September 2019


Kaesang Berbagi Kiat Sukses Berwirausaha

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 475
Kaesang Berbagi Kiat Sukses Berwirausaha

BERI MOTIVASI – Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep (tengah) saat memberikan motivasi kewirausahaan kepada mahasiswa di Kampus Widya Dharma Pontianak, Minggu (29/7). (SP/Giat)

PONTIANAK, SP – Putra bungsu Presiden RI Joko Widodo, Kaesang Pangarep menjadi pembicara dalam kegiatan Public Lecture Entreprenueship di Kampus Widya Dharma Pontianak, Minggu (29/7).

Dalam kegiatan bertemakan “Membangun Jiwa dan Semangat Entrepreneur Menuju Kemandirian Usaha” Kaesang memberikan motivasi kepada ratusan mahasiswa Pontianak. 

Owner Sang Pisang ini mengaku, alasan dirinya terjun berwirausaha dikarenakan orang tuanya yang berjuang dari nol. Hingga sampai saat menjadi orang nomor satu di Indonesia sebagai Presiden RI. 

“Saya melihat bapak saya dari nol sampai sekarang, itu yang namanya berjuang. Saya juga melihat kakak saya yang lulus kuliah lansung wirausaha. Intinya saya ingin membantu orang tua dengan tidak tergantung kepada mereka. Saya berharap, ketika melanjutkan kuliah bisa membiayai sendiri,” tuturnya.

Kaesang bercerita, dalam menjalankan usahanya tidak diberikan modal oleh sang ayah. Selama ini, usaha yang dibangun merupakan hasil keringatnya. Dia bercita-cita usahanya ini bisa menyebar ke seluruh kota yang ada di Indonesia. 

Setiap menghadiri kegiatan, Kaesang kerap disinggung terkait dengan modal. Padahal, menurutnya, selain modal ada yang jauh lebih penting lagi yaitu kemauan dalam berwirausaha.

Dia pun menantang para peserta seminar, membuat perencanaan usaha yang beda dan unik. Kaesang memberikan peluang untuk siapa saja yang ingin mengirimkan rencana bisnis kepadanya.

“Jadi kalau punya ide atau gagasan yang unik terkait produk usaha, tolong email-kan ke saya. Saya sudah beberapa kali mengisi kuliah yang sama seperti ini, belum ada ide dan gagasan yang menarik dan unik itu,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Kaesang yang pernah mengenyam pendidikan di Singapura itu mengaku lebih senang dikenal sebagai owner Sang Pisang ketimbang anak orang nomor satu di republik ini. Dia lebih baik dikenal sebagai wirausaha.

“Sebenarnya terserah orang sih. Tapi kalau saya lebih suka jangan dikenal anak presiden. Karena anak presiden ini hanya sementara. Kalau untuk produk Sang Pisang saya optimis bisa menguntungkan di Pontianak,” jelasnya. 

Ketua Yayasan Widya Dharma Pontianak, P Widjaja Tandra berharap dengan kehadiran putra bungsu Presiden RI tersebut, mahasiswanya termotivasi untuk berwirausaha.  

“Kita berharap, apa yang disampaikan Kaesang Pangarep dapat menjadi inspirasi wirausaha mahasiswa  di era lapangan kerja yang semakin kompetitif,” ujarnya.

Menurutnya, Kaesang yang masih muda dapat membaca peluang usaha yang baik dan menguntungkan. Khususnya usaha kuliner yang buahnya setiap daerah di Indonesia mudah ditemukan. 

“Di sinilah wujud kreativitas seorang pengusaha dalam usaha menggali, menerobos market untuk peroleh margin,” tuturnya. (iat/and)