Damkar Swasta dan Polda Kalbar Lakukan Konsolidasi Bahas Kebakaran Lahan di Warkop

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 424

Damkar Swasta dan Polda Kalbar Lakukan Konsolidasi Bahas Kebakaran Lahan di Warkop
Rapat konsolidasi antara damkar Swasta bersama Kapolda Kalbar, di Warkop Yuli, Jalan Siam. (SP/Rah)
PONTIANAK, SP - Polda Kalbar melakukan konsolidasi dan komunikasi dengan damkar swasta, yang dihadiri langsung oleh Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono, bersama jajarannya di Warkop Yuli, Jalan Siam, Kecamatan Pontianak Selatan, Kamis (23/8) pagi.

Dijumpai seusai pertemuan tersebut, Ketua Forum Pemadam Kebakaran Pontianak, Ateng Tanjaya mengtakan bahwa pertemuan ini untuk meningkatkan kerjasama dan melakukan koordinasi bagaimana saat memadamkan api di lapangan.

“Pertama dengan sesama pemdam, koordinasi bagaimana, keduanya, baru koordinasi dengan instansi dalam rangka menghadapi tugas yang begitu berat, kita mesti kebersamaan, berat sama dipikul, ringan sama dijinjing,” ucapnya.

Sejauh ini belum ada koordinasi dengan pihak instansi terkait, namun pihak pemadam swasta melalui forum pemadam kebakaran sudah sangat solid.

“Jadi selama ini yang mantap itu kemitraan polisi dengan masyarakat, apalagi Kapolda turun tangan sendiri, turun ke TKP,” tambahnya.

Menurutnya pihaknya yang sudah solid saat ini, di bawah bimbingan dari Kapolda maka akan semakin mantap.

Kebakaran lahan yang terjadi setiap hari ini menjadi masalah baru bagi pemadam swasta yang mendapatkan dana dari swadaya bersama.

Selain korban waktu juga menjadi kendala, sebab simpatisan pemadam kebakaran ini harus meninggalkan pekerjaan utamanya.

Dengan adanya persoalan tersebut, yayasan Bhakti Suci bersama beberapa donatur berinisiatif untuk membantu 50 pemadam swasta dengan masing-masing memberi empat buah selang.

“Jadi beliau belikan selang 200 buah, dibagikan kepada 50 pemadam, masing-masing mendapat empat buah selang,” ujar Ateng.

Dengan bantuan tersebut, pihaknya mengucapkan terimakasihnya kepada yayasan Bhakti Suci serta para donatur yang telah menyumbang. (rah)