Polresta Pontianak Tak Keluarkan Izin Deklarasi Ganti Presiden

Ponticity

Editor Indra W Dibaca : 2286

Polresta Pontianak Tak Keluarkan Izin Deklarasi Ganti Presiden
Brosur undangan terbuka deklarasi ganti presiden di Pontianak. (Ist)
PONTIANAK, SP – Polresta Pontianak menyatakan tidak mengeluarkan izin keramaian terkait kegiatan Deklarasi Ganti Presiden 2019 yang rencananya akan digelar pada 26 Agustus 2018, di Eks Cafe Nineteen Untan, Pontianak.

“Karena pertimbangan keamanan, kita tidak keluarkan izin,” tegas Kapolresta Pontianak, Kombes Pol Wawan Kristyanto di Mapolresta Pontianak, Jumat (23/8) malam.

Kapolresta menjelaskan, setiap kegiatan apa pun yang mengajukan izin keramaian, pihaknya selalu membuat perkiraan intelijen. Apabila perkiraan intelijen memungkinkan untuk diberikan izin, maka izin akan dikeluarkan. Begitu pula sebaliknya.

Terkait dengan rencana deklarasi ganti presiden, ada indikasi beberapa anggota kelompok tertentu yang berseberangan juga akan melakukan kegiatan, sehingga pihaknya mengantisipasi jangan sampai ada gesekan di lapangan.

“Dalam kegiatan yang sifatnya keramaian seperti deklarasi tersebut, seharusnya memang dilakukan pengajuan izin keramaian, namun dari panitia hanya menyampaikan pemberitahuan saja. Belum ada permohonan izin, sehingga kami juga tidak mengeluarkan izin,” imbuhnya.

Ditanya apakah Polresta Pontianak akan membubarkan aksi tersebut jika tetap digelar, Wawan mengatakan akan melihat dulu eskalasi yang terjadi di lapangan.

“Hingga saat ini juga belum ada perkiraan jumlah massa yang ada, sebab surat yang ada hanya berbentuk pemberitahuan saja. Jika memang pemberitahuan dalam hal penyampaian pendapat, seharusnya juga mencantumkan nama koordinator lapangan, serta jumlah massa yang akan turut serta,” katanya.

Terkait adanya kelompok massa lain yang juga akan melaksanakan kegiatan, dia juga menegaskan bahwa pihaknya juga belum mengeluarkan izin secara resmi. (rah)