BKKBN Kalbar Ciptakan Lagu Kampung KB

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 472

BKKBN Kalbar Ciptakan Lagu Kampung KB
Ilustrasi. (Net)
PONTIANAK, SP – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Kalimantan Barat, meluncurkan lagu Mars Kampung KB. 

Karya Kepala BKKBN Kalbar, Kusmana dan Kepala Bidang Pelatihan dan Pengembangan BKKBN Kalbar, Sondang Ratna Utari ini, merupakan kreativitas dan inovasi BKKBN dalam mewujudkan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). 

KKBPK sendiri menjadi perhatian penting Presiden RI, Joko Widodo. Kampung KB menjadi salah satu program pemerataan pembangunan lintas sektoral di kawasan terdalam, terluar dan terisolir di seluruh Indonesia.

Kepala BKKBN Kalbar, Kusmana mengatakan, lagu yang diciptakan ini merupakan usaha dalam menggemakan secara terus menerus kampung keluarga, bagi semua mitra dan lintas sektor. 

Dalam video klip, diambil di tiga titik. Di antaranya Kantor Perwakilan BKKBBN Kalbar, Taman Digulis dan gedung DPRD. Hal ini bertujuan untuk menyosialisasikan titik strategis terutama taman sebagai ikon Kota Pontianak dan gedung DPRD sebagai ikon gedung rakyat.

Sementara itu, pencipta nada serta lirik, Sondang Ratna Utari mengaku jika lagu ciptaannya ini sengaja diaransemen dengan ritme sedang. Bertujuan memberikan semangat bagi siapa saja yang mendengar dan berharap lirik mudah diingat. Sehingga seluruh komponen masyarakat dapat merasakan manfaat dari lagu Kampung KB ini.

“Saya yang mengaransemen kemudian lirik berdua bersama Kaper dengan tujuan bisa menjadi lagu mars bagi program Kampung KB. Tidak hanya di Kalbar tetapi juga di Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, lagu mars ini akan diluncurkan pada perayaan Hari Keluarga Nasional di Kabupaten Melawi.

Ketua Apindo Kalbar, Andreas Acui Simandjaya mengatakan, lagu ini mendapatkan dukungan penuh dari berbagai elemen yang tergabung dalam PWG Kalbar.

“Saya sampai mengirimkan tiga personel, yaitu saya sendiri, Bapak Kenny dan Ibu Anastasia untuk ikut menyukseskan kegiatan ini,” katanya.

Sebelum pengambilan video, dijelaskannya PWG telah terlebih dahulu melakukan perekaman vokal di studio BKKBN. Pihak Apindo mengharapkan dengan lagu ini, dukungan bisa didapatkan masyarakat luas untuk menyukseskan program Kampung KB.

Sementara Ketua Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) Kalbar, Aditya Galih Mastika memuji  kegiatan tersebut. “Cara yang unik untuk menyatukan berbagai mitra dalam sebuah lagu,” katanya.

Dia menceritakan, proses produksi lagu Kampung KB meski singkat namun padat makna. Pasalnya, semua pihak yang ikut serta diajak untuk bersama-sama mendukung Kampung KB.

“Kalau kami khususnya dari AIMI sangat mengapresiasi dan mendukung acara ini, semoga ke depannya, sesuai dengan lirik lagunya. Yakni semua masyarakat dan lintas sektor ikut berperan untuk menyukseskan Kampung KB,” pungkasnya. (ril/and)