Rabu, 20 November 2019


Kemenkes Kirim Tim Khusus Selidiki Wabah Hepatitis A di Singkawang

Editor:

Jindan

    |     Pembaca: 621
Kemenkes Kirim Tim Khusus Selidiki Wabah Hepatitis A di Singkawang

Ilustrasi

PONTIANAK, SP - Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menerjunkan tim khusus ke Kota Singkawang, menyusul ditetapkannya status Kejadian Luar Biasa (KLB) wabah penyakit Hepatitis A. 

Kepala Dinas Kesehatan Kalbar, Andy Jap mengatakan, tim yang ditugaskan oleh Menkes tersebut kini sudah tiba di Kota Singkawang.

"Ada sekitar empat orang yang turun," kata Andy Jap diwawancarai di Hotel Ibis Pontianak, Rabu (5/9).

Menurutnya, tim ini akan melakukan penyelidikan epidomologi kasus hepatitis A di Kota Singkawang yang belakangan telah mengancam jiwa warga di sana. Penelitian tersebut tujuannya untuk mencari kepastian sumber penularannya.

"Jadi tim dari Kemenkes ini, bukan ditugaskan untuk penanganan penderitanya. Tapi, untuk mencari sumber penularanya agar bisa di setop," jelasnya. 

Secara rinci Andi Jap mengungkapkan, metode penelitian yang akan dilakukan oleh tim tersebut untuk melusuri penularan Hepatitis A di Kota Singkawang yakni dengan metode wawancara, ke penderita.

"Nanti, tim dari Kemenkes RI akan bertanya untuk mencari informasi kronologis kejadian. Itu yang diselidiki. Sumbernya dicari dengan mengambil sampel darah si penderita. Saat ini kan penularan Hepatitis A di Singkawang hanya menduga-duga. Dengan turun nya tim ini, kita tunggu hasilnya, supaya semuanya jelas," pungkasnya. (abd).