REI Sukses Beri Pelatihan Developer pada 102 Anggota

Ponticity

Editor Jindan Dibaca : 881

REI Sukses Beri Pelatihan Developer pada 102 Anggota
Anggota Rei yang ikuti pelatihan
PONTIANAK, SP. Setelah melewati tiga hari masa diklat, sebanyak 102 anggota muda Dewan Pimpinan Daerah (DPD), Real Estate Indonesia (REI) Kalbar, akhirnya menutup rangkaian kegiatan tersebut dengan melakukan kunjungan proyek pada Kamis (6/9).

Menurut Ketua panitia kegiatan, Iwan Santoso kunjungan proyek adalah materi pamungkas, yang diberikan dengan langsung mengunjungi berbagai lokasi proyek milik anggota REI di lapangan. Dengan melihat secara langsung, diharapkan para anggota ini bisa belajar dan memahami materi yang telah diberikan sebelumnya seperti, apa dan bagaimana implementasinya di lapangan.

Materi kegiatan sendiri langsung dimulai pasca pembukaan pada Selasa (4/9) lalu, dimulai dengan pemaparan kebijakan pemerintah dalam penyedian perumahan MBR tahun 2018, kemudian dilanjutkan dengan materi seputar keorganisasian REI, kode etik organisasi, kompetensi dan sertifikasi serta dasar-dasar bisnis pengembangan perumahan.

Materi berlanjut ke tema perizinan pembangunan properti, persiapan dan perencanaan proyek, strategi marketing properti dan perhitungan kelayakan proyek. 

“Dari masing-masing materi itu dibahas dan dikupas dengan mendalam. Misalnya dari sisi perizinan, di sana kita bahas soal pengadaan lahan, perencanaan, IMB sampai pemasaran. Kemudian di sisi persiapan dan perencanaan proyek dikupas soal teknik pemilihan lokasi dan perencanaan lahan,” jelas Iwan Santoso

Dari sisi strategi marketing dibahas analisa pasar, segmen pasar, analisa pesaing, strategi harga dan penjuakan dan pada sisi perhitungan kelayakan proyek, dibahas soal  penyusunan anggaran, penentuan harga pokok produksi dan proyeksi cash flow.

“Ke semua materi ini diberikan langsung oleh ahlinya dari badan diklat DPP REI, para wakil ketua umum DPP REI serta praktisi guru besar bidang arsitektur dari Universitas Dipenegoro,” terang Iwan

Hari Kamis (6/9) menjadi hari penutup kegiatan sekaligus pemberian materi terakhir kepada peserta diklat, berupa studi banding ke lapangan. Lokasi yang menjadi sasaran dalam studi banding ini, adalah Komplek Perumahan Rindu Alam milik owner Wakil Ketua DPD REI Kalbar, Rusman, yang terletak di Jalan Sepakat II A. Yani I

Selain itu, studi banding juga dilakukan dilokasi perumahan subsidi type 36 di komplek Areca Residence milik owner atas nama Endri yang juga merupakan pengurus DPD REI Kalbar yang terletak di Jalan Perdamaian Parit Wak Gatak.

"Kemudian terakhir kita menuju kantor Fahri Properti Land milik owner bapak Fahri yang juga bendahara DPD REI Kalbar yan terletak di Jalan Ampera. Di sana peserta belajar bagaimana manajemen yang baik dan profesional dalam mengelola perusahaan properti serta success story dari beliau, " paparnya. 

" Terakhir saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang telah mendukung suskesnya kegiatan ini. Harapan saya semoga ilmu yang telah diberikan bermamfaat untuk anggota sehingga bisa menjadi pengembang yang profesional sampai tingkat nasional. Terima kasih juga kepada SC acara serta penanggung jawab acara bapak Isnaini, " tutupnya (nak/)