Senin, 09 Desember 2019


DPRD Kalbar Lantik Dewan Pergantian Antar Waktu

Editor:

Angga Haksoro

    |     Pembaca: 492
DPRD Kalbar Lantik Dewan Pergantian Antar Waktu

Pontianak, SP - Iklim politik menjelang Pemilu 2019 semakin dinamis. Penyebrangan beberapa kader partai jadi hal biasa menjelang pemilihan anggota legislatif.  

DPRD Kalbar, Jumat (26/10) melakukan Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap Muhammad Mochlis dari PDIP dan Abul Ainen dari Partai Gerindra.  

Ketetapan keputusan PAW ini tertuang dalam keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 161.61-8183 Tahun 2018 dan keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 161.61-8219 Tahun 2018.  

Wakil Ketua DPRD Kalbar, Suriansyah menyebut PAW dilakukan sesuai dengan ketentuan UU. Anggota Dewan pengganti masih menyisakan waktu 11 bulan untuk melanjutkan tugas sebagai anggota DPRD Kalbar.  

“PAW masih bisa dilakukan kecuali waktu jabatan hanya tersisa 6 bulan. Masa jabatan anggota DPRD Provinsi Kalbar berakhir 29 September 2019, jadi kurang lebih masih 11 bulan. Yang tidak memungkinkan untk di PAW ialah 6 bulan sebelum selesai masa jabatan,” ujar Suriansyah.  

Mawardi Usman menggantikan Abul Ainen dari Dapil 8 Kalbar, dan Ade Jumhur menggantikan Muhammad Mochlis dari Dapil 7 Kalbar. “Abul Ainen dan Muhammad Mochlis sama-sama menyeberang ke Partai Nasdem. Abul Ainen kembali mencalon diri sebagai anggota DPRD Kalbar periode 2019-2024 dan Muhammad Mochlis mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI periode 2019-2024,” ujar Suriansyah.  

Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan yang hadir dalam acara Pengucapan Sumpah/Janji Pengganti Antar Waktu (PAW) Anggota DPRD, mengucapkan selamat kepada para pengganti.  

“Atas nama pribadi dan Pemprov Kalbar selamat kepada Mawardi Usman dan Ade Jumhur yang telah dilantik sebagai Anggota DPRD Kalbar dan sudah langsung bekerja,” kata Wagub.  

Mawardi Usman yang menggantikan Abul Ainen dari Dapil 8 Kabupaten Kayong Utara dan Ketapang menyatakan siap melanjutkan sisa masa jabatan.  

“Dalam masa 11 bulan ini saya akan berusaha bebuat yang terbaik, menyerap aspirasi masyarakat namun disisi lain juga mempunyai gagasan-gagasan,” ujarnya ditemui seusai kegiatan pelantikan. (nak/)