Rabu, 20 November 2019


Musim Hujan, Waspada Demam Berdarah

Editor:

Angga Haksoro

    |     Pembaca: 378
Musim Hujan, Waspada Demam Berdarah

Pontianak, SP - Ketua Komisi V DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Markus Amid meminta semua pihak waspada terhadap bahaya demam berdarah, terutama disaat musim hujan seperti ini.

Dia menghimbau Pemerintah Provinsi maupun Kabupaten untuk mengantisiapsi kemungkinan wabah demam berdarah yang timbul sewaktu-waktu. “Kita minta Pemda baik kabupaten kota maupun provinsi harus tanggap dan selalu sigap serta siaga dengan masalah penyakit DBD ini,” serunya.

Menurut dia, persoalan DBD adalah persoalan klasik yang hampir setiap tahun terjadi. Artinya, kata Markus pemerintah melalui intansi terkait sudah harus memahami kondisi ini sejak dini agar tidak panik saat ada peristiwa DBD.

Disinggung soal evaluasi DPRD terhadap dinas terkait, Markus Amid menyatakan evaluasi tidak seharusnya dilakukan setiap waktu. Mengingat kasus ini hampir tiap tahun terjadi dan seharusnya pemerintah paham bagaimana mengatasinya.

“DPRD tidak perlu setiap waktu membuat evaluasi karena ini sudah tugas rutin dari dinas terkait,” ujarnya. “Karena itu kami harap dinas terkait harus selalu sigap.”

Selain meminta pemerintah sigap mengantisipasi DBD, Markus juga menghimbau masyarakat menjaga pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan. DBD dapat muncul akibat lingkungan yang kotor, sehingga menjadi tempat ideal bagi nyamuk untuk berkembang biak. (nak/)