Selasa, 17 September 2019


Latihan Kader HMI Pontianak Didik Mahasiswa Kritis

Editor:

Angga Haksoro

    |     Pembaca: 311
Latihan Kader HMI Pontianak Didik Mahasiswa Kritis

Pontianak, SP - Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat FISIP cabang Pontianak menggelar Latihan Kader I gelombang kedua. Kegiatan itu dilaksanakan 22-25 November 2018 di Graha HMI cabang Pontianak.  

Ketua Umum Komisariat Fisip Cabang Pontianak, Khairul Anam mengatakan, Latihan Kader (LK) I gelombang kedua ini dilakukan sesuai tujuan HMI membina kader menjadi insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernasfaskan islam, dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang diridhoi oleh Allah SWT.  

“Sedangkan tujuan khusus dari pengurus Komisariat FISIP yaitu dapat terbentuk karakter yang tangguh dalam berproses di HMI maupun di lingkup masyarakat luas,” kata Anam, Sabtu (24/11).  

Dalam pengkaderan, HMI Komisariat FISIP cabang Pontianak menggelar 3 kali latihan kader selama satu tahun. Gelombang pertama berhasil merekrut 101 kader baru. Pada LK kali ini, hingga hari ke dua jumlah peserta 46 orang. Sedangkan gelombang ketiga direncakan diadakan bulan Desember.  

Anam berharap Latihan Kader berjalan lancar dari awal pembukaan hingga penutupan. “Harapan khusus untuk peserta setelah selesai mengikuti LK I ini, agar dapat konsisten dan berproses di HMI,” ujar Anam.   

Ketua Panitia, Riska Nanda mengatakan dari Latihan Kader diharapkan dapat menciptakan kader baru yang berintegritas. Sesuai dengan tema yang diangkat yakni “Revitalisasi Perkaderan dalam Bingkai Insan Cita”.  

Para kader ditempa lima materi wajib yaitu sejarah, konstitusi, nilai dasar perjuangan, mission, dan kepemimpinan manajemen organisasi. “Materi wajib itu sebagai bekal para kader baru di HMI,” ungkapnya.  

Riskan mengatakan materi disampaikan dengan santai dan cara yang memancing munculnya jiwa kritis para kader. “Jiwa kritis memang perlu dipancing. Karena mahasiswa dituntut berani menyatakan pendapatnya secara lugas ke muka umum,” pungkasnya. (Riz)