Rabu, 13 November 2019


HMI Kalbar Targetkan Tuan Rumah Kongres Tahun 2020

Editor:

Angga Haksoro

    |     Pembaca: 464
HMI Kalbar Targetkan Tuan Rumah Kongres Tahun 2020

Pontianak, SP - Kepengurusan Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) dan Korps HMI Wati (Kohati) Kalimantan Barat Periode 2018-2020 resmi dilantik oleh Ketua Umum PB HMI Pusat, Respatoris Sadam Al-Jihad dalam acara pelantikan yang berlangsung di Rumah Melayu Kalbar, Jalan Sultan Abdurrahman, Pontianak, Senin (26/11) malam.

Surat Keputusan Pelantikan itu tertuang dalam SK Pengurus Besar (PB) HMI Nomor 140/KPTD/A/02/1440 Tentang pengesahan Badan Pengurus Badko HMI Kalbar Periode 2018 - 2020 yang dibacakan oleh Wasekjen Pemberdayaan Umat Pengurus Besar HMI, Safwan Noor.

Ketua Umum Badko HMI Kalbar yang baru dilantik, Fiqri Hakil Nur mengatakan bahwa tugas Badko HMI Kalbar kedepan sangat berat. Selain menjaga kesinambungan enam cabang HMI yang saat ini ada di Kalbar juga wacana pembentukan cabang baru.

“Kita berharap bisa membuka cabang baru seperti di Kabupaten Kubu Raya dan Kapuas Hulu. Insya Allah,” kata Fiqri.

Selain itu, tantangan lain menurut Fiqri adalah target menjadikan Kalimantan Barat dan Kota Pontianak khususnya sebagai tuan rumah Kongres HMI tahun 2020.

“Hasil Kongres Ambon, Kalbar masuk dalam nominasi tuan rumah Kongres HMI 2020. Ini tantangan sekaligus tugas berat bagi HMI Kalbar,” kata Fiqri dihadapan seluruh kader HMI yang hadir.

Nantinya kata Fiqri pihaknya membangun komunikasi tindak lanjut bersama Pemerintah Provinsi Kalbar dan pemerintah kabupaten/kota di sekitarnya, mengingat agenda besar ini melibatkan banyak pihak.

“Yang kami pertimbangkan ini mahasiswa dari luar seperti Makasar, Jakarta, dan lain-lain bakal berdatangan ke Kalbar. Tentu persiapan harus disiapkan dengan matang terutama ke depan ini adalah membangun komunikasi yang intensif dengan Pemerintah Provinsi agar nanti dapat ditindak lanjuti.”

Ketua Umum PB HMI, Respatoris Sadam Al Jihad menegaskan PB HMI akan selalu mendukung siapapun yang siap menjadi tuan rumah Kongres HMI 2020. Ada 17 daerah yang mencalonkan diri menjadi tuan rumah termasuk Kalbar.

Untuk tuan rumah Kongres kalau misalnya kesiapan teman-teman HMI Kalbar  dan pemerintahan provinsi nya siap selama enam bulan kedepan ya nanti pasti akan diputuskan di pleno II PB HMI, " kata Sadam

“Kami PB HMI pasti akan hadir dalam bentuk dukungan. Artinya jika memang serius pasti akan ada komunikasi antara HMI dengan pemerintahan,” kata Respatoris Sadam. (nak/)