Dua Polwan dari Polda Kalbar Jalani Misi Kemanusiaan di Kongo

Ponticity

Editor Mul Dibaca : 637

Dua Polwan dari Polda Kalbar Jalani Misi Kemanusiaan di Kongo
BERPRESTASI - Dua Polwan dari Polda Kalbar pamitan dengan Kapolda, Irjen Pol Didi Haryono, guna menjalani misi kemanusiaan di Kongo, kemarin. IST
PONTIANAK, SP - Dua Polwan dari Polda Kalimantan Barat, Briptu Nova Chairil Jannah dan Bripka Eva Purwanti berhasil lulus seleksi Individual Police Officer untuk penugasan misi PBB Monusco di negara Republik Demokratik Kongo.   Senin (26/12) lalu, bertempat di Polda Kalbar, keduanya berkesempatan untuk berpamitan kepada Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono dan Wakapolda Brigjen Pol Sri Handayani.  

Di dampingi oleh Kabid TIK Polda Kalbar, Kombes Nowo Winarti selaku Pakor Polwan Polda Kalbar turut memberikan wejangan kepada dua Polwan kebanggaan ini.  

"Misi ini pertama kali untuk Polri dan mereka merupakan kontingen Polwan pertama tidak hanya untuk Polda Kalbar, tetapi juga  pertama kalinya untuk Polri. Bersama dua rekan yang lainnya, mereka akan berangkat pada tanggal 5 Januari ke daerah penugasan di Kongo," terang Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono.  

Didi mengatakan, dua srikandi dari Polda Kalbar ini berhasil membuktikan bahwa kodratnya sebagai wanita, seorang istri dan seorang ibu tak menghalangi mereka dalam mengabdi di misi kemanusian sampai ke luar negeri.   Mengingat penugasan ini akan berlangsung selama satu tahun dan meninggalkan suami juga anak.

Diketahui, Briptu Nova memiliki seorang suami yang merupakan anggota Polri yang bertugas di Biro Ops Polda Kalbar dan baru enam bulan menikah. Begitu juga Bripka Eva yang bersuami anggota Polri yang bertugas di Dirkrimsus Polda Kalbar dan sudah memiliki anak yang masih berusia 8 tahun.  

"Saya selaku pimpinan sangat bangga kepada Briptu Nova dan Bripka Eva yang sanggup menanggung risiko meninggalkan sanak keluarga keluar negeri selama satu tahun lamanya, demi misi kemanusiaan," kata dia.   Menurutnya, hal ini patut diapresiasi, agar menjadi motivasi untuk Polwan lainnya, khususnya Polda Kalbar.   "Ini mewujudkan, bahwa Polwan  mampu sejajarkan dengan Polisi pria dalam hal penugasan apapun, dan perlu diketahui juga oleh masyarakat bahwa ini salah satu wujud loyalitas dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat," tuturnya.   Sebelumnya, Didi menyatakan, kebanggaannya atas kinerja Polwan dalam berperan serta menjaga Kamtibmas di Kalbar.

"Kami mengucapkan terima kasih serta bangga kepada seluruh polisi wanita yang mana sesuai dengan kodratnya yang juga sebagai seorang ibu, sangat berkontribusi aktif dalam menjaga stabilitas Kamtibmas di Kalbar," kata Didi pada Upacara Peringatan Hari Ibu di Pontianak, belum lama ini.


Ia menjelaskan, apalagi selama tahun 2018 beragam dinamika dan agenda Kamtibmas yang dipenuhi dengan kompleksitas perkembangan kejahatan serta pengaruh globalisasi yang terjadi, membawa satuan polisi wanita Polda Kalbar ikut pula berkembang.


"Hal itu dibuktikan dan ditunjukkan dengan berbagai prestasi Polwan dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisiannya, guna mendukung terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif," ungkapnya.


 Beberapa prestasi yang telah ditorehkan tersebut, seperti di cabang olahraga. Polwan Polda Kalbar telah mengikuti dan memenangkan Porprov, khususnya di cabang beladiri, lempar lembing dan lempar cakram.


Sedangkan di bidang tugas-tugas kepolisian, Polwan Polda Kalbar juga berperan aktif dalam tugas reserse seperti pengungkapan jaringan TKI ilegal, judi daring dan beberapa kasus narkoba, selanjutnya juga ikut serta pula dalam kejuaraan menembak tingkat nasional.


Polwan merupakan garda terdepan dalam pelayanan kepolisian baik kesatuan lalu lintas, pengamanan unjuk rasa sampai peran aktif dalam penanganan Karhutla (kebakaran hutan dan lahan).


Komitmen yang dilakukan Polwan Polda Kalbar tentunya mengedepankan prinsip prinsip "Zero-Tolerance" melaksanakan tugas secara profesional dengan sangat serius, hal ini dibuktikan dengan hasil selama tahun 2018 sebanyak 568 personel perempuan, tidak satupun yang melakukan pelanggaran disiplin, kode etik, apalagi pidana.


Didi menambahkan, dalam peringatan Hari Ibu ini semua pihak perlu berbangga sebagaimana Polwan sendiri merupakan bagian dari ibu secara kodratnya, namun Polwan tetap mampu untuk profesional dalam melaksanakan tugas-tugas kepolisian sesuai dengan tantangan tugas-tugas Polri yang lebih kompleks lagi.


 "Kita semua berharap dengan kehadiran Polwan yang tangguh terampil dan bermartabat tentunya akan mampu memunculkan situasi Kamtibmas yang selalu terjaga kondusif serta berperan lagi terhadap seluruh agenda-agenda pembangunan di Kalbar," ucapnya. (bob)