Air Laut Pasang, Pemukiman Warga di Tepian Sungai Kapuas Terendam

Ponticity

Editor Mul Dibaca : 370

Air Laut Pasang, Pemukiman Warga di Tepian Sungai Kapuas Terendam
BANJIR - Pemukiman warga di kawasan Bansir, Pontianak terendam banjir. Kondisi ini diakibatkan pasangnya air laut yang masuk ke Sungai Kapuas. FOTO WANDI EL-BANSIR
PONTIANAK, SP - Air pasang dan intensitas hujan yang mulai tinggi dalam pekan ini menyebabkan sejumlah rumah warga terutama yang berada di pinggir Sungai Kapuas Pontianak mulai terendam banjir.

Hal tersebut tampak merepotkan warga karena harus memindahkan barang-barang agar tidak basah dan rusak.

 "Rumah orang tua saya yang berada di Jalan Imam Bonjol atau tidak jauh dari pinggir Sungai Kapuas sudah terdampak banjir yakni naiknya sekitar mata kaki," ujar satu di antara warga Pontianak, Edwin.

 Ia menyebutkan kondisi tersebut tentu mengkhawatirkan. "Apalagi naikknya kian tinggi. Namun kita berharap hal tersebut tidak terjadi. Desember memang musim penghujan dan pasang juga tinggi. Namun kita perlu waspada dan hati - hati atas kemungkinan yang ada. Pencegahan lebih penting dengan tidak membuang sampah sembarang dan selalu menggalkan gotong royong di lingkungan masing - masing," papar dia.

Sementara itu, warga lainnya Wandi menyatakan khawatiran yang sama akan cuaca yang saat ini mulai ekstrem.

 "Khawatir kita dengan cuaca saat ini. Rumah di Bansir Laut pinggir Sungai Kapuas sudah terendam banjir," jelas dia.

Tingkat naiknya air ke permukaan terutama hari ini jauh lebih tinggi dari sebelum - sebelumnya. Sehingga dampaknya bukan hanya saja di pinggir sungai namun juga di sejumlah perumahan terutama di sekitar parit - parit dan di daerah dataran yang rendah.

Dampak banjir juga merambah di tempat obyek wisata di Pontianak seperti di Taman Alun - Alun Kapuas. Sebagian besar kawasan taman yang tepat berada di pinggir Sungai Kapuas tersebut terendam.  (ant/bob)