Sabtu, 21 September 2019


1.005 Anggota Polda Kalbar Naik Pangkat

Editor:

Aep Mulyanto

    |     Pembaca: 193
1.005 Anggota Polda Kalbar Naik Pangkat

NAIK PANGKAT - Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono, memimpin Upacara Korps Rakor Kenaikan Pangkat, kemarin. IST

PONTIANAK, SP - Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono, memimpin Upacara Korps Rakor Kenaikan Pangkat periode 1 Januari 2019. Ada 1.005 anggota Polri di lingkungan Polda Kalbar yang naik pangkat. 

Upacara Korps Rakor Kenaikan Pangkat periode 1 Januari 2019 sendiri, berlangsung di Lapangan Jananuraga Polda Kalbar, Jumat (4/1). 

Dalam amanatnya Kapolda mengatakan, kenaikan pangkat ini dalam organisasi Polri merupakan wujud dari kompetensi dan tanggung jawab. 

Menurutnya, semakin tinggi pangkat seorang personel Polri, semakin tinggi juga tanggung jawabnya. Kenaikan pangkat dalam lingkungan organisasi Polri merupakan perwujudan dari kompetensi dan tanggung jawab. 

“Setiap jenjang kepangkatan memiliki level kompetensi dan tanggung jawab yang berbeda," ujar Irjen Pol Didi.

Dari 1.005 kenaikan pangkat anggota Polri pada periode 1 Januari 2019 tersebut, 545 di antaranya adalah personel Polda Kalbar dan Polresta Pontianak, yang pada hari tersebut mengikuti upacara di lapangan Bhayangkara.

Irjen Didi juga menjelaskan, bahwa pangkat bukan merupakan hak, tetapi pemberian atas akumulasi dari perjuangan dan prestasi yang yang torehkan untuk kepentingan organisasi dan untuk kepentingan masyarakat.

"Saudara-saudara diberikan apresiasi berupa kenaikan pangkat karena prestasi dan kontribusi yang telah diberikan kepada organisasi masyarakat dan negara selama periode tertentu," paparnya.

Pada sambutannya, Kapolda juga mengharapkan agar setiap personel memiliki tiga aspek kecerdasan yaitu kecerdasan intelegensia, emosional dan spiritual agar mampu beradaptasi dengan cepat terhadap berbagai perubahan lingkungan.

"Diharapkan pada kita semua mampu mengikuti perkembangan yang menjadi agenda masyarakat dan politik yang sudah menunggu peran dan dedikasi kita tahun 2019 ini. Jadikan diri sebagai motor kinerja dalam mendukung terwujudnya Polda Kalbar berkibar," kata perwira tinggi lulusan Akpol 1986 tersebut.

Selain anggota Polri di Polda Kalbar, pada upacara tersebut juga diikuti oleh 10 PNS Polri. Di saat yang sama, selaku Inspektur Upacara, Irjen Pol Didi Haryono melakukan pengambilan sumpah PNS Polri Polda Kalbar hasil penerimaan tahun 2017 sebanyak 4 orang terdiri dari 2 orang dokter dan dua orang perawat.

“Selamat kepada para personel yang naik pangkat setingkat lebih tinggi. Semoga dengan kenaikan pangkat ini, bisa memotivasi kinerja dan tanggung jawab,” pungkasnya. (biz/PK)