Kamis, 19 September 2019


Kepala Disporapar Kalbar Natalia, Ajak Pemuda Perangi Hoaks

Editor:

kurniawan bernhard

    |     Pembaca: 214
Kepala Disporapar Kalbar Natalia, Ajak Pemuda Perangi Hoaks

Ist

SP - Para pemuda, khususnya yang tergabung di dalam Organisasi Kepemudaan (OKP) diajak untuk menjaga kesatuan dan persatuan di tengah masyarakat. 

Menurut Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar, Natalia, pemuda harus berada di garda terdepan sebagai agen yang menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Saya berharap kepada pemuda Kalbar mampu menjaga persatuan di masyarakat dan tidak mudah dipecah belah," tutur Natalia, Selasa (8/1).

Menurut dia, peranan OKP tidak bisa dianggap enteng. Karena, OKP bisa menjadi wadah pemuda untuk berkader sebagai calon pemimpin. 

Oleh karena itu, dia mengimbau kepada OKP untuk terlibat memerangi hoaks yang dapat memecah belah persatuan di tatanan masyarakat. Apalagi, dia dengan kemajuan teknologi sekarang ini, haruslah disikapi dengan bijaksana oleh para pemuda. 

"Tentu mereka di OKP-kan belajar kepemimpinan, ini menjadi bekal mereka sebagai calon pemimpin di masa akan datang," tutur dia.

Natalia juga menjelaskan, di tahun 2019 Disporapar Kalbar sangat fokus pada pengembangan kapasitas pemuda melalui pembinaan yang bersifat kontinyu.

Program yang disusun, kata dia sebagai upaya mendukung visi dan misi Gubernur Kalbar, sebagai upaya akselerasi peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kalbar.

"Kita akan melakukan pembinaan kepada pemuda secara continue melalui kegiatan pelatihan kewirausahaan maupun pembinaan dalam bentuk lainnya yang mengarah pada pengembangan kapasitas pemuda," tutur dia.

Saat ini sudah ada beberapa program yang akan menjadi prioritas di tahun 2019, seperti pengembangan pemuda melalui olahraga dan wirausaha. Di antaranya dengan mengikuti event olahraga tingkat nasional dan pelatihan kewirausahaan.

"Bidang olahraga sendiri nanti ada pelatihan untuk pelatih, pekan olahraga untuk pelajar, Popnas, PON 2020 dan sebagainya," jelas dia.

Untuk bidang kepemudaan, tentu pembinaan OKP melalui pelatihan dan sosialisasi. Sedangkan untuk pariwisata, pihaknya akan fokus mengembangkan potensi wisata yang ada di daerah-daerah.

"Kami berharap kepada semua pihak untuk mendukung program yang telah kami susun, dan semoga ini dapat membawa kebaikan untuk Kalbar ke depan," ujar tuturnya. (iat/bob)