Wagub Kalbar Terima Kunjungan Delegasi FTP Unhan

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 150

Wagub Kalbar Terima Kunjungan Delegasi FTP Unhan
FOTO BERSAMA - Wagub Kalbar, Ria Norsan foto bersama delegasi Fakultas Teknologi Pertahanan Unhan, di Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (9/1). (Humas)
PONTIANAK, SP - Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan menerima kunjungan delegasi Fakultas Teknologi Pertahanan Universitas Pertahanan (Unhan) di Kantor Gubernur Kalbar, Rabu (9/1).

Kedatangan mereka bermaksud memberikan gambaran tentang rencana kegiatan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Fakultas Teknologi Pertahanan (FTP) di Pontianak, sebagai saran dan masukan bagi pimpinan dalam pengambilan keputusan.

“Dipilihnya KKDN ke Provinsi Kalbar, khususnya Kota Pontianak, melihat pembangunan di Kalbar terutama di Kota Pontianak sangat maju dengan berbagai multi etnis dan suku yang ada, dan berbagai kebijakan pemerintah daerah setempat yang bisa menyatukan masyarakatnya. Ini menjadi kekuatan bersinergi untuk membangun wilayahnya,” ungkap Brigjen TNI. Deni D.A.R selaku Ketua Delegasi FTP Unhan.

Para delegasi FTP Unhan ini juga berkeinginan untuk menyumbangkan berbagai penelitian yang dilakukannya, guna bisa menghasilkan suatu keputusan yang akan diambil dalam membangun Kalbar lebih maju kedepannya.

“Kami ingin menyumbangkan waktu dan pikiran bagaimana dari sektor teknologi pertahanannya, karena program Fakultas Teknologi Pertahanan (FTP) yang baru lahir di Unhan ini membangun Kalbar lebih maju,” tuturnya.

Adapun pelaksanaan KKDN dari Unhan ini akan diselenggarakan pada bulan Februari tahun 2019 mendatang, guna melakukan penelitian dan riset untuk memajukan Kalbar.

“KKDN akan dimulai 24 Februari hingga 1 Maret 2019, nantinya 57 mahasiswa Unhan akan melakukan penelitian dan riset di Kota Pontianak degan tema fakutas ‘Pemberdayaan Teknologi Pertahanan Sebagai Penangkal Ancaman Guna Mendukung Pertahanan Negara di Pontianak Kalimantan Barat’ berbagai intansi baik pemerintah, swasta dan masyakat,” ujarnya.

Setelah para mahasiswa melakukan KKDN, pihak FTP akan mengeluarkan suatu kajian untuk pemerintah daerah, sebagai indikator dalam menggambil suatu kebijakan pemerintahan di bidang teknologi pertahanan.

“Nantinya satu bulan setelah melaksanakan KKDN di Kalbar, maka mahasiswa Unhan berkewajiban untuk melaksanakan seminar hasil KKDN yang telah disempurnakan. Selanjutnya, rekomendasi ini akan diserahkan ke pemerintah daerah di bidang teknologi pertahanan dalam menggambil suatu kebijakan,” kata Brigjen TNI. Deni D.A.R.

Sementara itu, Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan menyambut baik KKDN dari Unhan ke Kalbar, guna pemberdayaan teknologi pertahanan sebagai penangkal ancaman, guna mendukung pertahanan negara.

“Apapun yang akan direkomendasikan dari Unhan dengan berbagai bidang-bidang yang akan dihasilkan, disinergikan dengan berbagai kebijakan di Pemerintah Provinsi Kalbar nantinya,” ungkap Norsan.

Tak hanya itu saja, Norsan juga membuka peluang bagi putra dan putri daerah Kalbar yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikannya ke Universitas Pertahanan, demi mendukung pertahanan negara terutama di daerah Kalbar.

“Silahkan bagi putra dan putri daerah kalbar yang berkeinginan untuk masuk ke Unhan dengan berbagai persyaratan yang berlaku, semata demi menjaga pertahanan negara khususnya Provinsi Kalbar,” katanya.

Dengan kedatangan para mahasiswa Unhan yang akan melakukan KKDN di Provinsi Kalbar ini, dirinya pun berharap akan menghasilkan rekomendasi yang sangat baik demi kemajuan daerah.

"Pemerintah Provinsi Kalbar akan mendukung penuh program tersebut," tuturnya.  (hms/iat/bob)