Peringati Hari Samudra, Lantamal XII Bersih-Bersih Sungai Kapuas

Ponticity

Editor Admin Dibaca : 167

Peringati Hari Samudra, Lantamal XII Bersih-Bersih Sungai Kapuas
BAKTI SOSIAL - Prajurit Lantamal XII Pontianak dan siswa, melakukan aksi bersih-bersih Sungai Kapuas, di Taman Alun Kapuas, Kamis (17/1). IST
PONTIANAK, SP - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) XII Pontianak, menggelar aksi bersih-bersih Sungai Kapuas. Kegiatan yang berpusat di Taman Alun Kapuas, Pontianak ini berlangsung pada Kamis (17/1).  

Aksi bersih-bersih Sungai Kapuas yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2019 ini, dipimpin langsung oleh Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Lantamal XII Pontianak, Kolonel Laut (P) Budi Mulyadi. Aspotmar sendiri adalah panitia Peringatan Har Dharma Samudera 2018 di lingkungan Lantamal XII Pontianak.  

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu karya bakti nyata TNI AL, yang selalu peduli akan kebersihan. Terutama di sekitar Taman Alun Kapuas, sebagai destinasi wisata di Kota Pontianak,” ujar Aspotmar.  

Selain dilakukan oleh anggota dan personel Lantamal XII Pontianak, kegiatan tersebut juga diikuti oleh berbagai elemen masyarakat dan satuan samping. Di antaranya adalah anggota Polda Kalbar, anggota Pramuka, siswa-siswi beberapa SMK di Kota Pontianak, dan relawan kebersihan.  

Menurut Kolonel Laut (P) Budi Mulyana menjelaskan, sekitar 300 peserta dalam aksi bersih-bersih ini. Sejak pagi, kegiatan dimulai, semua peserta sangat antusias membersihkan lingkungan Taman Alun Kapuas, hingga ke tepian Dermaga Bardan.  
“Kita berishkan sampah plastik, tumbuhan liar, dan kayu-kayu yang hanyut di pinggiran Sungai Kapuas. Sampah-sampah tersebut diangkut ke pembuangan akhir, sehingga Taman Alun Kapuas semakin asri,” paparnya.  

Bersih-bersih pantai yang dilakukan oleh Lantamal mengambil tema “Bersih-Bersih Sungai Kapuas” dalam Rangka Hari Dharma Samudera Tahun 2019. Kegiatan tersebut untuk mengenang Pertempuran Laut Arafuru, pada 15 Januari 1962. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian acara yang dilaksanakan setiap tahunnya.  

“Diharapkan, dengan adanya kegiatan ini dan bercermin dari semangat para Pahlawan Laut Aru, maka seluruh elemen masyarakat Pontianak bisa berperilaku dan punya kebiasaan sehat,” kata Kolonel Laut (P) Budi Mulyana.  

“Yaitu tidak membuang sampah, terutama ke sungai, yang nantinya akan mengotori sungai. Ujung-ujungnya sampah tersebut mengalir ke laut dan  mengotori lautan kita,” pungkasnya.  

Hadir pada kegiatah tersebut Wadanlantamal XII, Kolonel Laut (P) Joko Sumitro, para Asisten, para Kadis. Hadir pula Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Kota Pontianak, Syarief Saleh Al-Kadrie, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Kota Pontianak, Tinorma Butar-Butar.  

Sebelum melaksanakan kegiatan bersih-bersih Sungai Kapuas, Lantamal XII Pontianak, telah melaksanakan upacara peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2019, di Lapangan Apel Mako, Jalan Komodor Yos Sudarso No 1. Bertindak selaku Irup adalah Danlantamal, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Greg. Agung W.D., M.Tr (Han), Selasa (15/1). (mul/bob)