Kadisporapar Kalbar Sambut Baik Rencana Renovasi GOR Pangsuma

Ponticity

Editor Mul Dibaca : 462

Kadisporapar Kalbar Sambut Baik Rencana Renovasi GOR Pangsuma
Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi kalimantan Barat, Natalia Karyawati
PONTIANAK, SP - Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi kalimantan Barat, Natalia Karyawati menyambut baik rencana renovasi Gedung Olahraga (GOR) Pangsuma Pontianak, oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji.      

Sebelumnya Sabtu (19/1) lalu, terjadi insiden air hujan masuk ke lapangan lantaran atap bocor, yang pada saat itu sedang berlangsung pertandingan antara Kancil BBK Pontianak melawan Black Steel Manokwari dalam ajang Professional Futsal League (PFL) Grup A.      

Natalia menilai GOR Pangsuma memang sudah layak untuk direnovasi agar representatif. Lantaran gedung tersebut sudah cukup lama dan minim perawatan.      

Tentunya, kesempatan kemarin itu adalah momen. Pak Gubernur melihat langsung bahwa kondisi GOR Pangsuma itu sudah sangat memprihatinkan sekali untuk melaksanakan kompetisi atau pertandingan. Jadi, memang sudah layak direhab,” ungkapnya kepada Awak Media, Senin (21/1).      

Ia mengaku Disporapar telah beberapa kali menyampaikan kondisi gedung olahraga, termasuk kepada Gubernur Kalbar. Hanya saja menurut dia yang masih menjadi kendala adalah persoalan anggaran.      

“Kalau memang nanti mau dianggarkan, tentu saja kami menyambut baik. Jika Pak Gubernur punya kebijakan seperti itu,” terangnya.        

Natalia mengaku, di tahun anggaran 2019, renovasi Gor Pangsuma belum masuk dalam sasaran program. Hanya saja, kata dia di tahun ini berdasarkan rencana yang disusun dalam APBD, Pemprov Kalbar akan membangun GOR Bulutangkis.      

“Saat ini yang baru teranggarkan adalah untuk membangun GOR Bulutangkis. Secara detail saya belum bisa sampaikan, karena kita baru menata lingkungan," jelas dia.      

Ia menambahkan, kalaupun nanti akan dilakukan renovasi Gor Pangsuma menggunakan APBD, maka Gor Bulutangkis akan diprioritaskan terlebih dahulu. Ketika sudah clear baru dilakukan tahapan-tahapan selanjutnya.      

Namun, bukan berarti Pemprov menutup mata terkait dengan kondisi Gor Pangsuma yang sering digunakan tersebut. Karena, Pemprov berkomitmen merencanakan penataan gedung GOR Pangsuma dan lingkungan di sekitar kompleks olahraga itu.      

“Pak Gubernur punya komitmen merehab atau membangun sarana olahraga minimal satu per tahun. Untuk di tahun 2019 memang sudah dianggarkan untuk GOR Bulutangkis. Untuk GOR Pangsuma sendiri belum ada,” imbuhnya.      

Ia menuturkan bahwa keberadaan gedung olahraga memadai akan sangat membantu para atlet untuk meraih prestasi. Terutama untuk latihan dan tempat penyelenggaran kompetisi skala regional maupun nasional.       

Natalia menilai Gor yang sering digunakan saat ini belum representatif, sehingga selain merenovasi, Kalbar juga harus mempunyai sarana dan prasarana olahraga yang baru.      

“Kalau melihat kondisi GOR Pangsuma saat ini kan, memang usia bangunan itu juga sudah cukup lama. Sudah waktunya perlu direnovasi. Ke depan, kita juga perlu mencari tempat atau lahan baru untuk membangun sarana yang representatif. Yang sesuai dengan situasi kekinian dan kapasitasnya harus memenuhi syarat,” tuturnya. (iat/bob)