Masyarakat Kalbar Diajak Menjaga Spesies yang Dilindungi

Ponticity

Editor Admin Dibaca : 391

Masyarakat Kalbar Diajak Menjaga Spesies yang Dilindungi
Aksi publik dalam rangka memperingati Hari Primata Indonesia di Taman Catur Untan Pontianak
PONTIANAK, SP - Dalam rangka memperingati Hari Primata Indonesia, akan dihelat kembali Aksi Publik. Kegiatan ini akan berpusat di area Taman Catur Untan, Jumat (1/2).

Kegiatan kali ini diinisiasi oleh Earth Hour Pontianak dan WWF Program Kalbar dengan mengusung tema “Meningkatkan Kesadaran Publik Terhadap Konservasi Spesies yang Dilindungi”. 

Koordinator Earth Hour Pontianak I Wayan Bayu Anggara menjelaskan, kegiatan ini bertujuan  meningkatkan kesadartahuan masyarakat akan pentingnya primata bagi ekosistem di sekitar. Selain itu, aksi ini juga sebagai bentuk kepedulian terhadap status primata yang ada di Indonesia.
 
“Saat ini kondisi perburuaan primata sangat memprihatinkan, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan ekonomi, kesenangan individu berupa hobi menjadi motif meningkatnya perburuan satwa primata di hutan-hutan saat ini,” jelas Wayan.

Menurut Wayan, memelihara satwa-satwa primata tersebut banyak memilki dampak buruk seperti membahayakan diri sendiri, melanggar hukum dan yang paling utama adalah berdampak terhadap siklus hidup satwa tersebut sehingga terjadi ketidakseimbangan ekosistem yang berada di alam.

"Aksi publik ini dilakukan untuk mengajak masyarakat membantu dalam upaya pelestarian primata indonesia, salah satu caranya dengan tidak memperjual-belikan primata," kata Wayan.

Dewi Puspita Sari, Species Officer, WWF-Indonesia Program Kalbar menambahkan, salah satu cara termudah bagi masyarakat adalah dengan tidak membeli primata. Pemeliharaan primata di rumah sebagai satwa peliharaan juga rawan terjadinya penularan penyakit seperti TBC, Hepatitis dan Herpes. 

Membiarkan primata hidup di alam adalah pilihan yang bijak yang dapat dilakukan setiap orang untuk melestarikan primata dan menjaga kesehatan masyarakat.

Kegiatan ini nanti akan diisi dengan berbagai games yang menarik seperti kuis mengenai primata. Ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengetahuan terutama mengenai primata endemik daerah Kalimantan. 

Serta akan dihadiri juga oleh berbagai partisipan Himpunan Mahasiswa Jurusan di Kota Pontianak dan berbagai Komunitas yang ada di Kota Pontianak seperti Aksi Sedekah Pendidikan, Hilo Green Community Pontianak, Komunitas Pendaki Kalbar, Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Tanjungpura, dan beberapa komunitas pecinta satwa di Kota Pontianak antara lain Komunitas Pecinta Reptile Pontianak, Komunitas Pecinta Musang dan Komuitas Pecinta Burung Hantu (POC). (*)