Lantamal XII Ajak Stakeholder Kembangkan Potensi Maritim di Kalbar

Ponticity

Editor Admin Dibaca : 631

Lantamal XII Ajak Stakeholder Kembangkan Potensi Maritim di Kalbar
COFFEE MORNING - Staf Potensi Maritim menggelar Coffee Morning di Aula Malahayati, Mako Lantamal XII Pontianak, Jumat (8/2) pagi.
PONTIANAK, SP - Komandan Pangkalan TNI AL (Danlantamal) XII Pontianak, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Gregorius Agung W.D, M.Tr (Han), mengajak seluruh stakeholder untuk mengembangkan potensi maritim. Ajakan ini disampaikan oleh Danlantamal XII Pontianak, saat coffee morning.  

Kegiatan yang berlangsung di Aula Malahayati, Mako Lantamal XII Pontianak, Jumat (8/2) pagi, dihadiri sejumlah pimpinan instansi pemerintah di Kota Pontianak dan Kalbar, serta pimpinan lembaga vertikal lainnya. Dalam amanat Danlantamal, yang dibacakan oleh Wakil Komandan (Wadan) Lantamal XII, Kolonel Mar Bambang Budi Suseno, Danlantamal juga berterima kasih akan hadirnya para pimpinan tersebut.  

"Terima kasih atas kehadiran para pimpinan instansi. Kehadiran para pimpinan instansi dan stakeholder pemangku kebijakan tentang kemaritiman, tentunya jadi modal awal untuk pengembangan potensi yang ada," kata Danlantamal.  

Melalui Wadanlantamal yang mewakilinya, Danlantamal menyampaikan bawah tujuan coffee morning tersebut adalah untuk menyamakan persepsi keamanan dan kenyamanan pengguna laut dan perairan, dalam rangka membangun sinergisitas antara TNI AL, Pemerintah Daerah (Pemda), Stakeholder Maritim, serta para pengguna laut dan perairan.  

"Kalbar, secara umum dijuluki sebagai Provinsi Seribu Sungai, maknanya adalah aktivitas perekonomian masyarakat Maritim sangat bergantung dan mendambakan situasi yang kondusif," ujarnya.  

Untuk itu, sumber daya kemaritiman yang ada di Kalbar, lanjut Laksma TNI Greg, harus terus dijaga dan dikembangkan. salah satu cara pengembangannya adalah dengan adanya persamaan persepsi semua pihak.  

"Ekonomi perikanan laut dan perairan, akan terus meningkat, apabila semua pihak bisa bekerja sama. Lantamal XII sendiri siap 24 jam untuk bekerja sama dengan semua pihak," tutur Danlantamal.  

Coffee morning dengan tema "Lantamal XII Bersama Pemangku Kepentingan Maritim Kalimantan Barat Siap Mendukung Pemprov Kalimantan Barat  Dalam Menjaga Keamanan dan Keselamatan Bagi Masyarakat Pengguna Jasa Kemaritiman", diselenggarakan oleh Staf Potensi Maritim yang dipimpin langsung sang Asisten Potensi Maritim (Aspotmar), Kolonel Laut (P) Budi Mulyadi.  

Pada pemaparan tekait tugas dan wewenang Aspotmar Lantamal XII Pontianak, Kolonel Laut (P) Budi Mulyadi menjelaskan, bahwa pihaknya bisa menjadi leading sektor dalam setiap pengembangan potensi Maritim di Kalbar. Untuk itu, ia bersama seluruh jajaran Lantamal XII Pontianak, siap mengamankan laut dan perairan Kalbar.  

"Begitu banyak potensi yang harus dikembangkan, sehingga masyarakat Kalbar pada akhirnya akan semakin sejahtera. Kita gencarkan patroli keamanan laut, agar nelayan kita tenang saat menarik ikan," katanya.  

Hadir pada kegiatan tersebut perwakilan Kodam XII/Tanjungpura, yang diwakili Asisten Teritorial, Lanud Supadio, diwakili Kabinpordirga, Ditpolair Polda Kalbar, Kepla BPBD Kalbar, Kadisporapar, Kadishub Kalbar, Kepala SAR Pontianak, GM Pelindo II, Kepala KPLP, Kepala KSOP Pontianak, Kepala Bea Cukai Pontianak, GM Pertamina MOR VI Kalbar, dan Kadis Kelautan dan Perikanan Kalbar. (mul/biz)