Tahun 2020, Midji Alokasikan 20 Persen APBD untuk Belanja Langsung

Ponticity

Editor Hendra Cipta Dibaca : 814

Tahun 2020, Midji Alokasikan 20 Persen APBD untuk Belanja Langsung
Gubernur Kalbar Sutarmidji (istimewa)
PONTIANAK, SP - Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji mengatakan, tahun 2020 dirinya menargetkan 20 persen dari APBD untuk belanja langsung. Saat itu, APBD Kalbar diperkirakan sebesar Rp6 triliun.

Menurut dia, dana itu akan digelontorkan untuk menunjang pembangunan dan program dari desa mandiri. Khususnya untuk memenuhi 50 indikator desa mandiri.

"Tahun depan itu target saya 20 persen konkret, total belanja langsung sekitar antara Rp400 sampai Rp500 miliar yang langsung ke desa dan langsung ke indikator desa mandiri," jelas Midji.

Midji menegaskan di bawah kepemimpinan dirinya, desa harus menjadi ujung tombak pembangunan di Kalbar. Oleh karena itu ia ingin mefokuskan tahapan percepatan pemerataan infrastruktur dasar dan aksesibilitas antar wilayah dalam rangka percepatan mewujudkan desa mandiri.

Tentu untuk merealisasikan hal tersebut, perlu ada sinergitas antara pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota serta jajaran struktur desa yang ada di desa untuk mempercepat proses pembangunan desa mandiri.

"Untuk tahun 2020 saya menargetkan Kalbar mempunyai 159 desa mandiri dan akan meningkatk setiap tahunnya," tutupnya. (iat)