Pengunjung Cap Go Meh Pontianak Mengeluh, Biaya Parkir Motor Rp5 Ribu dan Mobil Rp25 Ribu

Ponticity

Editor Admin Dibaca : 3941

Pengunjung Cap Go Meh Pontianak Mengeluh, Biaya Parkir Motor Rp5 Ribu dan Mobil Rp25 Ribu
Parkir di Peringatan Cap Go Meh Pontianak
PONTIANAK, SP - Sejumlah warga mengeluhkan biaya parkir kendaraan di Peringatan Cap Go Meh Jalan Dipenogoro Pontianak, Selasa (19/2).

Oleh juru parkir, biaya kendaraan roda dua dipatok Rp5 ribu. Sementara roda empat Rp25 ribu.

Satu di antara pengunjung, Rudiansyah (28) mengaku terkejut mahalnya tarif parkir. Selain itu, warga Tanjung Hulu ini juga melihat dari segi keamanan, juru parkir hanya merapikan kendaraan, bukan mengamankan.

"Motor saya hanya diparkir lalu ditinggalkan setelah itu juru-juru ini sibuk dengan mengarahkan agar kendaraan lain parkir di lahannya," ucapnya.

Begitu juga dengan Azizah (25). Dia mengatakan juru-juru parkir ini seperti mengambil kesempatan untuk mendapat keuntungan lebih dari momen Cap Go Meh.

"Mumpung ada momen, kesempatan ngambil untung banyak," kesalnya.

Seperti yang diketahui peraturan tentang tarif parkir di Pontianak sudah diatur dalam Perda Nomor 4 Tahun 2011 kemudian dalam aturan Perda Nomor 3 Taun 2004 dan Nomor 1 Tahun 2010 tentang Ketertiban Umum.

Jika mengacu pada tiga Perda tersebut, maka tarif yang dikenakan kepada sepeda motor adalah seharga Rp1000 sedangkan untuk roda empat senilai Rp2 ribu.

Menurut penuturan oknum juru parkir tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan bahwa pematokan harga parkir ini senilai Rp5 ribu per motor ini pada dasarnya bertujuan penyatuan harga dengan lahan-lahan parkir lainnya. Pasalnya di lahan parkir lain, dikatakan dia semua menggunakan tarif itu.

"Ngikut yang lain jak bang, semue same, Rp5 ribu parkir. Kalau tak cayak, boleh ceklah," ujarnya.

Oleh sebab itu, dirinya pun mengikuti harga pasar meskipun ketika ditanya soal perda ini, dirinya tahu bahwa sudah ada perda yang mengatur perparkiran ini. "Tahu, tahu, tahu bang," ungkapnya. (sbs)