Polisi Tembak Pelaku Curanmor di Perintis

Ponticity

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 125

Polisi Tembak Pelaku Curanmor di Perintis
DITANGKAP - Personel Jatanras Polresta Pontianak menangkap dan melumpuhkan pelaku pencurian motor, kemarin. (SP/Suria)
PONTIANAK, SP - Seorang pelaku curanmor terpaksa dilumpuhkan oleh Jatanras Polresta Pontianak, karena berusaha melarikan diri dan melakukan perlawanan ketika diamankan petugas, di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pontianak Timur, kemarin malam. 

Hal tersebut disampaikan Wakasat Polresta Pontianak, Iptu Moh R. Rizal saat menggelar pers rilis kepada awak media di Polresta Pontianak, Senin (17/2). 

Dijelaskan Rizal, kejadian itu bermula pada hari Jumat (15/2) sekitar pukul 21.00 WIB, di Jalan Tanggul Laut, Gang Perumahan Baru, Kelurahan Sungai Kakap. Saat itu tersangka berinisial AW (23) sedang menuju ke rumah temannya bernama Tono, untuk menagih hutang. Namun di perjalanan, AW tak sengaja melihat satu buah motor yang diketahui milik Ilham (33) terparkir di depan rumah dalam posisi tidak dikunci stang. 

Karena, kondisi saat itu tengah sepi dan memungkinkan untuk melancarkan aksinya, AW langsung saja menyeret sepeda motor merek beat nomor polisi KB 4498 NG, warna putih itu ke rumah temannya bernama Ahmad. 

"Setelah melihat motor itu, tersangka timbul niat mengambil dan memiliki motor tersebut," sebut Rizal. 

Lebih lanjut, Rizal menerangkan bahwa saat pelaku sampai di rumah Ahmad, saat itu Ahmad sedang tidak ada di rumah. Dan hanya ada adik kandungnya. Ketika ditanya oleh adik kandungnya, pelaku menjelaskan bahwa motor yang ia curi merupakan miliknya dan dengan dalih kunci tercecer di jalan, dia meminta izin untuk menyimpan motor tersebut di sana.

Keesokan harinya, Sabtu (16/2) sekitar pukul 14.00 WIB, dengan bermodal peralatan bengkel dari rumah kostnya, pelaku kembali lagi ke rumah Ahmad menggunakan oplet dengan tujuan membongkar sepeda motor tersebut untuk menyalakannya. 

"Butuh waktu kurang lebih dua  jam pelaku membongkar sepeda motor tersebut," jelas Rizal.  

Setelah berhasil, motor tersebut dibawa tersangka kembali ke rumah kostnya sembari mencari pembeli yang mau mengambil motor yang ia curi itu. 

Rizal mengatakan, setelah mendapatkan laporan dan melakukan serangkaian penyelidikan, Jatanras Polresta Pontianak menerima informasi tentang keberadaan pelaku, yang saat itu sedang berada di Jalan Perintis Kemerdekaan, Pontianak Timur. 

Butuh waktu kurang lebih satu jam, akhirnya petugas berhasil menemukan dan mengamankan pelaku. 

Ketika diinterogasi untuk informasi awal, pelaku mengakui atas perbuatannya tersebut kepada petugas. Dengan alasan, adanya kesempatan dan niat jahat yang timbul ketika melihat kondisi motor itu memungkinkan untuk dicuri. 

Dengan informasi itu, akhirnya Jatanras Polresta membawa pelaku ke Polresta untuk diminta keterangan lebih lanjut. Namun sayangnya, pada saat akan dibawa, pelaku berusaha melarikan diri dan berupaya melakukan perlawanan kepada petugas. 

Setelah diberikan tembakan peringatan, namun tidak diindahkan. Akhirnya, petugas terpaksa melepaskan tembakan tegas dan terukur ke arah kaki sebelah kanan pelaku. 

Rizal menerangkan, tindak pidana ini merupakan kali pertama dilakukan oleh pelaku. Atas perbuatannya, pelaku dijerat Pasal 363 KUHP. (sms/bob)