Polemik Surat Cuti Norsan, Pemprov Kalbar: Sudah Diajukan Tapi Belum Ada Balasan Kemendagri

Ponticity

Editor Admin Dibaca : 402

Polemik Surat Cuti Norsan, Pemprov Kalbar: Sudah Diajukan Tapi Belum Ada Balasan Kemendagri
Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kalbar, Alexander Rombonang
PONTIANAK, SP - Asisten I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Kalbar, Alexander Rombonang mengomentari polemik dugaan pelanggaran kampanye Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan.

Dia menjelaskan, sebelum menggelar kampanye, Ria Norsan telah mengajukan surat permohonan cuti atas sepengetahuan Gubernur Kalbar Sutarmidji. Dan sudah disampaikan ke Kementerian Dalam Negeri. Namun memang belum ada surat balasannya.

“Surat permohonan cuti Pak Ria Norsan telah kami sampaikan, hanya saja keluarnya agak lama sehingga pada saat beliau berkampanye surat dari Mendagri belum keluar,” kata Alexander, (21/2).

Menurut dia, Wagub Kalbar, telah melakukan prosedur sesuai dengan aturan di mana sebelum melakukan kampanye telah mengajukan surat permohonan cuti pada Tanggal 14 Februari 2019. Hanya saja karena kewenangan ada di Mendagri dan mengalami keterlambatan sehingga surat cuti belum bisa dikeluarkan.

“Proses telah kami jalani sesuai prosedur dengan langkah resmi karena lewat saya surat itu disampaikan," jelasnya.

Dan karena surat permohonan cuti itu ditandatangani Gubernur Kalbar maka secara prinsip dan tersirat Gubernur telah mengetahui dan menyetujui cuti yang akan diajukan pada Senin, 18 Februari 2019 tersebut.

Terkait dengan keterlambatan itu, menjadi kewenangan Mendagri dengan konsekuensi proses yang telah dilakukan dengan konsekuensi keterlambatan dikeluarkannya surat cuti dengan jadwal kampanye yang telah ditetapkan.

Dia menyontohkan, seperti mereka di ASN ditugaskan keluar negeri, namun terkadang sudah waktunya berangkat surat izinnya belum keluar. Dan hal tersebut tidak menjadi masalah karena legal formal di internal pemerintah provinsi telah dijalankan sesuai prosedur. (*)