Sabtu, 21 September 2019


FRKP West Borneo Vespa Lovers Club, Komunitas Motor untuk Promosikan Pariwisata

Editor:

Admin

    |     Pembaca: 204
FRKP West Borneo Vespa Lovers Club, Komunitas Motor untuk Promosikan Pariwisata

FRKP West Borneo Vespa Lovers Club

PONTIANAK, SP - Komunitas motor tak cuma soal menunggang kendaraan patuh aturan. Mereka juga bisa jadi kepanjangan tangan pemerintah dalam mengembangkan potensi wisata. Dari rahim itulah, FRKP West Borneo Vespa Lovers Club terbentuk, 23 Februari 2019.

Buktinya, pembentukan komunitas scooter ini saja mengambil lokasi di Sungai Bemban, Kecamatan Sungai Kakap, Kubu Raya. Kebun buah di sana, bisa jadi alternatif liburan dan hiburan masyarakat.

Ketua FRKP West Borneo Vespa Lovers Club, H Hatta Jurli menjelaskan klub vespa ini berada di bawah bendera Forum Relawan Kemanusiaan Pontianak (FRKP). Keberadaan mereka akan semakin menambah cakrawala dunia scooter, khususnya di Kalbar.

"Keberadaan Club ini selain untuk menyalurkan hobi, juga dapat membantu pemerintah dalam memperkenalkan potensi daerah yang ada, seperti pariwisata dan hasil kerajinan tangan masyarakat," tutur H Hatta, Minggu (24/2).

Sudah barang tentu mereka ingin mengabdikan diri sebagai contoh tertib berlalu-lintas. Mulai dari kelengkapan berkendara, hingga rambu-rambu di jalan raya.

Komunitas ini terbentuk dari bincang-bincang penghobi vespa. Obrolan itu berkesimpulan ingin membentuk klub yang legal. Gayung bersambut ketika undangan dari Club Vespa Serian, Sarawak, Malaysia, datang. Mengingat untuk memenuhi undangan tersebut harus ada klub atau bendera serta lambang yang resmi, komunitas ini dibentuk.

“Awalnya dari bincang-bincang penghobi Vespa, seperti Pak Anton SJS, Pak Renee, Pak Ahuai, Pak Yardi, Pak Andre, Pak Aseng, dan Pak Binsar, untuk membentuk klub yang legal,” cerita salah seorang Dewan Penasehat klub, Bruder Stephanus Paiman OFM Cap.

Lantaran tak punya banyak waktu dan FRKP punya divisi olahraga, terbentuklah FRKP West Borneo Vespa Lovers Club.

“Jadi, prosesnya tidak terlalu ribet,” jelasnya.
Undangan dari Malaysia pun dipastikan dihadiri. Sebanyak 12 vespa asal Pontianak, akan mengikuti Serian International Bike Wike 2019, 1-3 Maret 2019 mendatang.

"Rencananya, kami akan berangkat ke Serian, pada 28 Februari dan kembali ke Pontianak pada 5 Maret 2019," ungkapnya.

Deklarasi komunitas di kebun milik H Hatta Jurli tersebut, turut dihadiri beberapa klub vespa Pontianak. Bahkan hadir juga perwakilan dari Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Sintang. (kristiawan balasa)