Disporapar Gelar Temu Wicara Pemuda Kalbar Inspiratif

Ponticity

Editor elgiants Dibaca : 39

Disporapar Gelar Temu Wicara Pemuda Kalbar Inspiratif
INSPIRATIF – Asisten Ajudan Presiden Jokowi menceritakan pengalamannya dalam Temu Wicara “Pemuda Kalbar Inspiratif” di Hotel Ibis, Pontianak, Rabu (13/3).
Pontianak, SP - Asisten Ajudan Presiden Indonesia, Iptu Syarif Muhammad Fitriansyah Al Idrus mengajak anak muda Kalbar menghidupkan mimpi mereka. Semangat itu digelorakannya ketika jadi pembicara di Temu Wicara “Pemuda Kalbar Inspiratif” yang digagas Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kalbar di Hotel Ibis Pontianak, Rabu (13/3).

Asisten Ajudan Presiden, Syarif Muhammad Fitriansyah Alaydrus mengatakan dirinya diminta oleh Gubernur Kalbar untuk berbicara terkait perjalanan hidupnya hingga bisa jadi Asisten Ajudan Presiden Indonesia.

Syarif Muhammad Fitriansyah Al Idrus mengenyam pendidikan sekolah dasar di SD Muhammadiyah II Pontianak, dan Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri 3 Pontianak. Dia lantas melanjutkan Sekolah Menegah Atas (SMA) Taruna Nusantara Magelang. "Nyatanya sudah ada, kalau yang lain bisa, kenapa kawan-kawan Kalbar tidak bisa.

Kita bisa mulai dari sekarang, yang penting teman-teman tetap semangat," ujar dia. Inspektur Polisi Tingkat Satu (Iptu) ini juga memberikan tip kepada pemuda-pemudi Kalbar agar mencapai tujuan dan cita-cita hidupnya.

Pemuda yang mempunyai impian, harus terus dan berani bermimpi untuk mampu mencapai impian itu. Karena mimpi impian itulah yang menjadi kunci utama. "Meraih mimpi itu salah satunya dengan melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diberikan, tidak melanggar aturan, belajar, dan meningkatkan mutu pendidikan sendiri.

Kalian harus raih itu, pemuda-pemudi Kalbar pasti bisa," tegasnya. Ke depan Kalbar harus mempunyai anak muda yang menjadi pemimpin. Bahkan tidak menutup kemungkinan untuk menjadi presiden, atau sesuai dengan bidang yang dikerjakannya. "Pemuda-pemudi Kalbar harus membangkitkan semangat mulai dari sekarang, sehingga nantinya bisa memimpin Kalbar, lebih khusus lagi Indonesia," ujarnya.

Selama dirinya menjadi orang kepercayaan atau sering mendampingi kerja orang nomor satu di Republik Indonesia, banyak pengalaman yang telah didapat. Sosok Presiden Indonesia, Jokowi adalah sosok orang yang bekerja keras. Sebagai seorang bapak, guru yang selalu mengajar nilai-nilai positif kepada dia maupun masyarakat Indonesia.

"Rakyat Indonesia mendapatkan sosok figur pemimpin Indonesia yang cinta rakyatnya," tutur dia. Narasumber lain, Prof Eddy Suratman mengajak pemuda tak mudah putus asa.

Dia mencontohkan orang-orang Kalbar yang sukses, seperti mantan Wakil Presiden Hamzah Haz dan Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang. “Anak muda Kalbar itu berhak untuk sukses," ujarnya.

Kuncinya, tidak mudah patah semangat. Kekuatan itu harus dipelihara anak muda dengan segala keterbatasan situasi yang ada. "Saya kira keterbatasan tersebut, dibawa kepemimpinan Pak Gubernur sekarang insyaallah akan dapat diatasi," ujarnya.

Hal yang tak kalah penting adalah, para generasi muda jangan terlena dengan berita hoaks dan tidak menghabiskan waktu berjam-jam dengan hal-hal yang tidak produktif.

"Latih dan biasakan diri untuk peka kepada lingkungan dan diri sendiri," ujarnya. Kegiatan ini untuk memberi ruang dan waktu kepada para pemuda bersilaturahmi dan saling menginspirasi dalam memperkokoh persatuan dan kesatuan di era milenial. 

Pemuda inspiratif yang bercerita di agenda tersebut di antaranya Asisten Ajudan Presiden Syarif Muhammad Fitriansyah Alaydrus, alumni Paskibraka Nasional Muhammad Irfan, dan atlet panjat tebing peraih medali emas Asian Games Fedeng Leonardi.

Mereka berkolaborasi dengan Gubernur Kalbar, Sutarmidji dan akademisi Untan, Prof Eddy Suratman. Memotivasi para pemuda untuk bergerak bersama demi kemajuan bangsa. (iat/bls)

Komentar