IKIP PGRI Pontianak Berkomitmen Sukseskan Program Pemprov Kalbar

Ponticity

Editor Admin Dibaca : 193

IKIP PGRI Pontianak Berkomitmen Sukseskan Program Pemprov Kalbar
Rektor IKIP PGRI Pontianak, Rustam
PONTIANAK, SP - Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP-PGRI) Pontianak nyatakan siap ikut menyukseskan program Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) masyarakat Kalbar.      

Salah satunya adalah dengan wisuda mahasiswa yang rutin dilakukan IKIP PGRI Pontianak.      

Rektor IKIP PGRI Pontianak, Rustam mengatakan, siap turut menyukseskan program Pemerintah Provinsi Kalbar dalam peningkatan IPM Kalbar yang menjadi prioritas utama Gubernur Kalimantan Barat. Dirinya juga menyampaikan, beberapa waktu lalu telah melakukan nota kesepahaman antara IKIP-PGRI Pontianak dengan Pemerintah Provinsi Kalbar.      

“Kalau dengan program gubernur, kita baru kurang lebih dua minggu yang lalu menandatangani MoU dengan Pemprov. Kalau dengan Pemkot Pontianak sudah kurang lebih enam bulan yang lalu,” kata Rustam saat ditemui usai acara Wisuda ke X IKIP PGRI Pontianak di Pontianak Convention Center (PCC), Kamis (14/3).    

Rustam mengatakan, pihaknya ingin berkolaborasi untuk melakukan penelitian bersama terkait dengan permasalahan yang ada di Provinsi Kalbar, di antaranya bisa menggandeng SDM yang ada di IKIP, guna memecahkan permasalahan atau menyukseskan program yang ada di Pemprov.    

Kemudian dengan kerjasama itu, ia berharap Pemprov bisa mengakomodir alumni IKIP PGRI Pontianak dan memberikan peluang kepada perguruan tinggi swasta untuk dapat bekerjasama dengan instansi di bawah naungan Pemprov Kalbar.      

Untuk Pemkot Pontianak, justru sudah mempresentasikan dengan Bappeda, terkait pendirian Rumah Susun Sederhana Sewa di lingkungan kampus.    

“Pak Walikota sangat mengapresiasi dan mendukung IKIP-PGRI Pontianak,” ucapnya.    

Karena IKIP juga merupakan salah satu perguruan yang bisa mendukung peningkatan IPM di Kalbar.      

Sementara itu, untuk wisuda ke X ini ada 554 mahasiswa dan mahasiswi yang diluluskan IKIP PGRI Pontianak.      

"Sebanyak 554 wisudawan tersebut, sudah dilaporan ke LLDIKTI, memang peraturan saat ini satu bulan sebelum pelaksanaan yudisium atau wisuda, kampus sudah harus melaporkan mahasiswa yang akan di wisuda," terang dia.    

Harapannya dengan mahasiswa yang telah diwisuda ini, semoga dapat menjaga integritas diri sebagai calon seorang guru. Artinya segala perilakunya adalah harus mencerminkan seorang guru dan patut diteladani, dicintai dan disukai siswa.    

"Selesai dari sini, semoga mahasiswa bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan profesinya, kalau pun tidak sesuai, berarti mereka harus mengandalkan keahlian, dan tidak mesti juga lulusan guru harus menjadi guru banyak bidang lainnya termasuk bidang usaha," tutur Rustam.    

“Semoga tidak hanya puas di stara satu. Kita harap para alumni yang diwisuda hari ini dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi,” tambahnya.      

Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada orangtua dari mahasiswa yang berkenan menitipkan putra putri tercinta untuk bisa menempuh pendidikan di IKIP PGRI Pontianak.      

Atas kepercayaan itu, pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi.  Ia juga memohon maaf jika selama menempuh pendidikan di IKIP PGRI Pontianak terjadi kekurangan.      

IKIP PGRI Pontianak sendiri, berkomitmen selalu meningkat mutu pembelajaran, baik dari segi layanan maupun akademik, program yang akan dilakukan ialah meningkatkan potensi dosen dengan program Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk pegawai dan karyawan.      

"Mereka diberikan kesempatan untuk mengambil pendidikan dalam hal menunjang keprofesiannya," katanya. (din/bob)