BRG Klaim Pembangunan PIPG Turunkan Titik Panas Secara Signifikan di Area Gambut Kalbar

Ponticity

Editor Admin Dibaca : 87

BRG Klaim Pembangunan PIPG Turunkan Titik Panas Secara Signifikan di Area Gambut Kalbar
DISKUSI - Deputi Bidang Perencanaan dan Kerjasama Badan Restorasi Gambut (BRG), Budi Wardhana saat memaparkan materi di hadapan awak media yang berlangsung di The Urban Garden, Pontianak, Rabu (20/3).
PONTIANAK, SP - Deputi Bidang Perencanaan dan Kerjasama Badan Restorasi Gambut (BRG), Budi Wardhana mengatakan, hingga saat ini luas kebakaran gambut di area target restorasi gambut BRG Kalimantan Barat berkurang dari 26.664 hektare pada 2015 menjadi 2.599 pada tahun 2019.

"PIPG yang dibangun oleh BRG bersama dengan mitra berhasil menurunkan titik panas secara signifikan di area sekitar lokasi PIPG," terangnya. 

Lebih lanjut, Budi mengatakan, jika berada pada radius 0-1 km dari PIPG, rata-rata hanya ada 2,4 persen hotspot. Semakin jauh dari PIPG, hotspot bertambah. 

"Misalnya pada jarak 1-2 km, ditemukan 5,6 persen hotspot dan pada jarak lebih dari 2 km ada 92 persen hotspot," ungkapnya. 

Selain itu, dikatakan juga bahwa di Kalbar, BRG Pemda dan mitra LSM telah membangun infrastruktur pembasahan gambut atau PIPG sejak tahun 2016. Hingga 2018 berhasil dibagun 326 unit sumur bor dan 479 unit sekat kanal. (nak/bob)