Upaya Restorasi Gambut di Kalbar Libatkan Masyarakat Desa

Ponticity

Editor Mul Dibaca : 114

Upaya Restorasi Gambut di Kalbar Libatkan Masyarakat Desa
DISKUSI - Ketua Tim Restorasi Gambut Daerah Provinsi Kalimantan Barat /OPD Pengelola Dana Tugas Pembantuan (TP) Provinsi Kalimantan Barat, Adi Yani saat berdiskusi dengan awak media di The Urban Garden, Rabu (20/3).
PONTIANAK, SP - Ketua Tim Restorasi Gambut Daerah Provinsi Kalimantan Barat /OPD Pengelola Dana Tugas Pembantuan (TP) Provinsi Kalimantan Barat, Adi Yani menjelaskan, upaya restorasi ekosistem gambut di Kalimantan Barat terus melibatkan masyarakat di tingkat desa. 

Dikatakannya, pengembangan kapasitas dan ekonomi masyarakat desa melalui mekanisme tugas pembantuan dilakukan untuk meningkatkan kapasitas kelompok masyarakat, guna mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan pencegahan Karhutla, restorasi gambut dan ekonomi produktif yang terus dilaksanakan. 

"Salah satu wujud pengembangan ekonomi masyarakat desa adalah dengan 19 paket revitalisasi ekonomi berupa peternakan dan perikanan yang telah didistribusikan di Kalimantan Barat, " ujarnya dalam pertemuan BRG bersama awak media di The Urban Garden, Jalan Danau Sentarum Pontianak, Rabu (20/3). 

Adapun untuk memantau kinerja intervensi PIPG yang telah dibangun, BRG bersama mitra mengembangkan teknologi pemantauan Tinggi Muka Air (TMA) di lahan gambut secara real time melalui Sistem Pemantauan Air Lahan Gambut (SISPALAGA). 

"Hingga Desember 2018, telah terpasang 12 unit alat pemantau TMA di Kalbar. Alat pemantau TMA ini akan merekam parameter tinggi muka air, kelembaban tanah dan curah hujan per 10 menit dan akan mengirimkan datanya setiap hari ke server," pungkasnya. (nak/bob)

Komentar