Lima Warga Sipil Terjaring Operasi Gaktib

Ponticity

Editor Shella Rimang Dibaca : 1790

Lima Warga Sipil Terjaring Operasi Gaktib
Lima orang masyarakat sipil diamankan karena kedapatan menggunakan obat-obatan terlarang.
PONTIANAK, SP - Satuan Hewan Polisi Militer Angkatan Udara (Satwan Pom AU) mengadakan operasi rutin Gaktib Yutisi TNI di beberapa lokasi hotel dan tempat karaoke di kota Pontianak, Jumat (22/3), dimulai sekitar pukul 23.00 WIB.

Berkat bantuan pelacak satwa yang telah terlatih, dalam hal ini anjing pelacak milik Pom TNI AU, lima orang masyarakat sipil diamankan karena kedapatan menggunakan obat-obatan terlarang yang diduga sementara adalah jenis pil ekstasi, di sebuah tempat karaoke di Jalan Budi Karya, Pontianak Kota.

Narkoba yang diduga pil ekstasi tersebut, dibungkus menggunakan bungkusan kecil, kemudian dibuang oleh pelaku di dalam tong sampah, di ruang karaoke tersebut.

Dua dari lima orang yang diamankan tersebut diketahui warga Sungai Ambawang, satu warga Tanjung Hulu, dan dua lainnya belum diketahui identitas kependudukannya.

Kepala seksi Gaktib Satpom TNI AU Supadio, Mayor Pom Pinto Agung Nugroho mengatakan, operasi ini pada dasarnya bertujuan meningkatkan kedisiplinan, kepatuhan serta ketaatan akan hukum, khususnya untuk anggota TNI.

Namun tidak menutup kemungkinan jika ada masyarakat sipil kedapatan mengonsumsi narkoba, pihaknya juga akan mengambil tindakan tegas.

Dijelaskan dia kembali, karena pelaku adalah masyarakat sipil, maka pihaknya akan menyerahkannya ke aparatur sipil, dalam hal ini pihak kepolisian serta satpol PP.

"Kita akan menyerahkan masyarakat ini ke Propam atau Satpol PP untuk penindakan lebih lanjut," katanya.

Selain Satwan Pom AU, operasi ini juga melibatkan aparat hukum lainnya seperti pihak kepolisian, Satpol PP serta Satgan Satpol Lanud Supadio.

"Karena kita bersinggungan dengan masyarakat, sehingga penanganannya juga lebih tepat," tutupnya. (sms)