Kesadaran Peserta Pemilu Rendah

Ponticity

Editor elgiants Dibaca : 49

Kesadaran Peserta Pemilu Rendah
COPOT APK – Petugas Bawaslu Kota Pontianak dibantu Satpol PP, Polresta dan Dishub mencopot Alat Peraga Kampanye (APK) peserta Pemilu yang dipasang di billboard menggunakan crane, kemarin.
PONTIANAK, SP - Memasuki masa tenang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pontianak bersama sejumlah pihak terkait mulai menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) Pemilu 2019. Dalam penertiban tersebut masih terlihat banyak APK yang tidak ditertibkan oleh peserta Pemilu.

Komisioner Bawaslu Kota Pontianak, Isfiansyah mengatakan kesadaran peserta Pemilu dan partai politik dalam memasuki masa tenang belum begitu besar. Pasalnya beberapa Alat Peraga Kampanye (APK) masih terlihat di beberapa ruas jalan di Kota Pontianak. Meski surat pemberitahuan sudah diberikan Bawaslu Kota Pontianak.

Menurutnya, kewajiban peserta Pemilu untuk menertibkan APK, apalagi masa kampanye berakhir pada 13 April 2019.

"Mereka (peserta Pemilu dan partai politik) hendaknya dapat menertibkan atau menurunkan APK yang terpasang di wilayah Pontianak," ungkap Isfiansyah usai melakukan penertiban APK di Kota Pontianak, Minggu (14/4). 

Dalam penertiban tersebut, Bawaslu Pontianak tak hanya kerja sendirian, melainkan dibantu Polresta, Sat Pol PP dan Dishub Pontianak. Isfiansyah mengaku nyatanya ada beberapa yang masih minim untuk melakukan penertiban dengan sendirinya. 

"Untuk hari ini saja, masih banyak billboard (papan reklame) di sejumlah jalan di Kota Pontianak. Kita juga meminta bantuan kepada Dishub untuk memakai mobil crane menurunkan yang sulit dijangkau dalam melakukan penertiban," ucapnya.

Pelaksanaan penertiban APK ini dilakukan pada pukul 05:00 wib pagi. Tim pun dibagi. Tak ketinggalan, Bawaslu juga melibatkan pengawas dari tingkat kecamatan hingga kelurahan yang ada di Kota Pontianak. 

"Ssejauh ini hingga pukul 11.00 wib kita lihat masih ada beberapa APK yang kita lakukan penertiban. Kita harapkan peserta Pemilu dapat menertibkan sendiri," katanya.

Bagi yang membandel, seperti masih adanya APK yang terpasang saat musim tenang ini, diharapkan untuk berhati-hati. Pasalnya ada sanksi sesuai peraturan perundang-undangan. 

"APK ini memang menjadi tanggung jawab peserta Pemilu. Di lapangan kita lihat memang masih banyak yang belum menurunkan APK," ucapnya.

Selain itu, tak hanya zona bebas APK yang ada di Kota Pontianak saja dilakukan penertiban,  Isfiansyah memastikan untuk jalan-jalan lainnya yang terdapat APK dipasang di billboard juga dilakukan penertiban seperti Jalan Sultan Abdurrahman, Jalan Sultan Syahrir dan Jalan M Yamin. (din/bah)