Bertambah, 18 TPS Pungut Suara Ulang

Ponticity

Editor elgiants Dibaca : 92

Bertambah, 18 TPS Pungut Suara Ulang
Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kalbar, Faisal Riza.
PONTIANAK, SP - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar, Hamdan mengatakan bahwa terdapat tambahan sejumlah peserta Pemilu yang akan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di dua TPS, yakni di Kota Pontianak dan Kabupaten Ketapang. Penambahan ini berdasarkan rekomendasi dari Bawaslu Provinsi Kalbar. 

Seperti diberitakan sebelumnya, ada 16 TPS di Kalbar akan melakukan PSU dan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL). Lokasinya tersebar di enam kabupaten, yakni Bengkayang, Sanggau, Sintang, Melawi, Kapuas Hulu, dan Landak. 

Jika dikalkulasikan, secara total maka untuk wilayah Kalbar terdapat 18 TPS yang tersebar di tujuh kabupaten dan satu kota, dengan rincian 10 TPS akan melakukan PSU dan delapan lainnya lagi melaksanakan PSL. 

Untuk di Kota Pontianak sendiri, Hamdan mengatakan PSU akan dilaksanakan di TPS 7, Kelurahan Parit Tokaya, Kecamatan Pontianak Selatan. Sedangkan di Kabupaten Ketapang di TPS 2, Desa Lubuk Kakap, Kecamatan Hulu Sungai. 

"Ini daerah terjauh di daerah Ketapang," terangnya. 

Alasan dilakukan PSU di dua wilayah ini sama halnya seperti yang terjadi di Kabupaten Bengkayang. Di mana ada pemilih memiliki KTP luar Kalbar namun menggunakan hak pilihnya di TPS tersebut. Penyelenggaraannya pun akan dilaksanakan secara serentak, pada 25 April 2019 nanti. 

"Terkait dengan pengamanan kami sudah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi, TNI-POLRI dan pemangku kepentingan. Begitu juga dengan persiapan logistik, kami sudah berkoordinasi dengan KPU RI," tuturnya. (sms/bah)