Selasa, 17 September 2019


Qara'a, Aplikasi Alquran dan Info Kajian Terkini

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 117
Qara'a, Aplikasi Alquran dan Info Kajian Terkini

APLIKASI – Aplikasi Qara’a bikinan pemuda Pontianak, Hajon Mahdy Mahmudin yang menyediakan beragam fitur Islami.

Tak perlu khawatir jika bepergian namun lupa membawa alquran. Atau tengah berada di kota orang, dan takut ketinggalan waktu salat. Bahkan buang penat sambil mempelajari Islam pun, tersedia dalam genggaman.

Tim Kreasi Putra Hotama, Hajon Mahdy Mahmudin, pemuda asal Kota Pontianak ikut mengembangkan aplikasi Qara’a. Sebuah platform digital yang menyediakan alquran 30 juz lengkap dengan tafsir dan asbabun nuzul. Diluncurkan sejak awal Ramadan, kini hampir 400 orang jadi pengguna aktif aplikasi tersebut.

“Aplikasi ini memang bertujuan agar generasi muda lebih mengenal alquran, lebih dekat melalui gawai, kapan pun di mana pun mereka bisa membuka dan membaca alquran,” ceritanya Kamis (9/5).

Selain alquran, Qara'a juga dilengkapi dengan realtime location azan, dan lokasi masjid terdekat yang memudahkan pelancong mencari masjid terdekat. Walau berada di kota yang berbeda, pengguna dapat langsung mengetahui kapan salat dimulai di kota tersebut.

“Kita memang sengaja rilis 1 Ramadan, kalau versi beta sudah satu tahun. Targetnya sampai Syawal nanti, jumlah pengguna sampai 10.000,” sebutnya.

Hajon sengaja merangkai Qara’a dengan beragam konten islami. Salah satunya lewat fitur media Islam dan artikel yang isinya menghimpun media-media streaming Islam. Pengguna pun jadi lebih mudah mencari referensi dalam satu aplikasi. Tak perlu keluar masuk perangkat lain.

“Terakhir adalah fitur kajian, di mana pengguna dapat dengan mudah mendapatkan informasi mengenai kajian-kajian yang dihelat di kota tempat pengguna tersebut aktif,” katanya.

“Kami berharap aplikasi Qara'a bisa menjadi jembatan dan membantu pengguna dalam mencari referensi ibadah. Sesuai dengan intisari nama Qara'a sendiri yang artinya membaca,” tutupnya. (balasa)