Ketua Adat Melayu dan Dayak Apresiasi Profesionalitas KPU

Ponticity

Editor elgiants Dibaca : 269

Ketua Adat Melayu dan Dayak Apresiasi Profesionalitas KPU
RAPAT PLENO – KPU Kota Pontianak menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019 di tingkat Kota Pontianak, belum lama ini.
PONTIANAK, SP - Ketua Umum Majelis Adat Budaya Melayu Kalimantan Barat, Chairil Effendy mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia, khususnya Kalimantan Barat, yang telah menyelenggarakan Pemilu serentak pada 17 April 2019. 

"Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Barat sedang melaksanakan rapat rekapitulasi perhitungan suara dari kabupaten/kota. Saya memberikan dukungan sepenuhnya kepada KPU yang telah bekerja dengan sungguh-sungguh , profesional dan baik demi tegaknya demokrasi di negeri ini," ujar Chairil Effendy, baru-baru ini. 

Untuk itu, apabila ada peserta Pemilu, baik perorangan maupun partai politik, yang merasa dicurangi atau hal-hal lain yang merugikan partai, hendaknya dapat menyelesaikan persoalan itu sesuai dengan mekanisme hukum yang berlaku . 

“Yang pertama tentunya melaporkan pada Bawaslu serta unsur-unsur yang terkait dalam Pemilu. Sekali lagi, saya percaya, saya yakin bahwa KPU Kalimantan Barat bekerja secara baik, profesional dan dapat dipertanggung jawabkan," katanya. 

Adapun Ketua Umum Dewan Adat Dayak Provinsi Kalimantan Barat, Jakius Sinyor juga menyikapi bahwa Pemilihan Presiden, Legistlatif hingga DPD sudah berjalan dengan baik dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota hingga provinsi. 

"Harapan kami kepada KPU sendiri  proses ini dapat berjalan secara profesional, transparan dan baik. Apapun hasilnya nanti diharapkan dapat diterima," ujarnya.

Dikatakan bahwa apapun persoalan yang terjadi, baik itu masalah individu maupun internal dan eksternal partai, diharapkan dapat diselesaikan sesuai jalur hukum yang berlaku

"Sekali lagi, saya mengucapkan terima kasih kepada negara kita bahwa secara umum relatif aman, khususnya Kalimantan Barat itu sendiri. Hal-hal yang kecil dapat diatasi menjadi baik."

Ia juga mengatakan pada 22 Mei akan diputuskan pemenang Pemilu.

“Itulah yang terbaik. Itulah pilhan rakyat dan kami harapkan lima tahun ke depan menjadi amanah yang akan dilaksanakan dan dapat memperhatikan masyarakat,” ujarnya. 

"Mudah-mudahan tanggal 22 Mei akan berjalan lancer. Kami akan mendukung, khususnya aparat TNI, Polri yang telah membantu pengamanan . Aman itu merupakan hak yang sangat dihargai. Mari kita bersatu membangun Kalimantan Barat," pungkasnya. (*/bah)