Minggu, 15 Desember 2019


Alvadivia Seimbangkan Sekolah dan Ekskul

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 102
Alvadivia Seimbangkan Sekolah dan Ekskul

PRESTASI - Yughie Yunior Alvadivia, siswa jurusan IPA di SMA Negeri 1 Pontianak jadi satu di antara peraih nilai tinggi Ujian Nasional se Kalbar. Ist

Yughie Yunior Alvadivia (18) siswi SMA Negeri 1 Pontianak adalah satu di antara peraih nilai tertinggi ujian nasional di jurusan IPA Se Kalbar tahun ajaran 2018/2019. Selain sekolah, dia aktif di ekskul budaya dan bahasa Jepang.  

"Membagi waktu belajar yang penting balance aja sih dengan kegiatan lain, yang penting saat di kelas fokus dan serius memahami penjelasan guru dengan baik. Jadi di luar jam sekolah bisa mengembangkan diri di hal lain juga," katanya, Rabu (15/5).

Persiapan ujian dilakukan sama seperti siswa lain di sekolah. Sejak awal semester dua kelas XII. Mulai dari bimbingan tambahan, hingga mengerjakan latihan-latihan soal. 

“Saya tidak terlalu sering belajar tapi saya usahakan ketika belajar itu efisien,” katanya.

Alvadivia juga sering belajar bersama beberapa teman. Saling bantu dan diskusi. Semasa sekolah, dia selalu meraih juara pertama di kelas.

"Saya juga kadang-kadang ikut beberapa kegiatan organisasi dan menekuni hobi belajar bahasa asing," ujarnya.

Alvadivia mendapatkan nilai 100 untuk tiga mata pelajaran yaitu Bahasa Inggris, Fisika, Matematika dengan total nilai 392.00, dan peringkat kedua UN tertinggi se Kalbar.

Awalnya dia kaget dan tidak percaya dengan hasil tersebut. Dia pun sangat bersyukur dan senang bisa mendapatkan nilai yang nyaris sempurna. Suatu kebanggan tersendiri bagi dirinya.

"Nggak nyangka sih dan saya juga gak begitu pasang target tinggi-tinggi, tapi saya senang akhirnya bisa memberikan yang terbaik untuk sekolah dan orang tua saya," ujar juara II Lomba Fisika se Kalbar yang diselenggarakan oleh Universitas Tanjungpura ini.

Saat pengumuman kelulusan, dia mendapat hadiah dan sertifikat penghargaan dari pihak sekolah. Para keluarga sekolah pun memberinya selamat atas prestasi tersebut. Saat ini, dia sedang berusaha mengejar beasiswa untuk bisa kuliah di luar negeri. Sebagaimana cita-citanya sejak dulu.

"Saya sangat tertarik ingin belajar lebih dalam mengenai ilmu Fisika. Saya ingin belajar banyak hal dari negara-negara lain yang sudah maju, dari gaya hidupnya, pola pikirnya, sistem pendidikannya, teknologinya, dan sebagainya. Saya sangat berharap dari apa yang saya dapatkan nantinya bisa berkontribusi untuk pengembangan  di Indonesia," tutupnya. (dino/balasa)