Didi Haryono: Situasi Kondusif Adalah Bukti Rakyat Dewasa Berdemokrasi

Ponticity

Editor elgiants Dibaca : 69

Didi Haryono: Situasi Kondusif Adalah Bukti Rakyat Dewasa Berdemokrasi
SANTUNI ANAK YATIM - Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Didi Haryono menyantuni anak yatim saat acara buka puasa bersama di Mapolda Kalbar, Senin (20/5). Ist
PONTIANAK, SP - Ribuan orang berkumpul di sebuah tenda berukuran lebar warna merah putih dalam acara buka bersama yang diselenggarakan Polda Kalbar di Mapolda Kalbar, Senin (20/5).

Hadir pada acara buka puasa bersama itu Gubernur Kalbar, Sutarmidji, Pangdam XII Tanjungpura, Mayor Jenderal TNI Herman Asaribab, beserta Forkopimda Provinsi Kalbar, Wakapolda Kalbar, Brigjen Pol Dra Sri Handayani, pejabat utama Polda Kalbar, para ulama, para kyai, dan para tokoh agama di lapangan Mapolda Kalbar.

Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono menuturkan, hikmah puasa Ramadan adalah meningkatkan jalinan silaturahmi antar sesama di Bumi Khatulistiwa ini. 

“Ini tentu dalam memelihara persatuan dan kesatuan bangsa, itulah tema buka puasa keluarga besar Polda Kalbar bersama Forkopimda, Purnawirawan Polri, Warakawuri dan Pondok Pesantren di sini,” kata Didi. 
 
Didi menyebut, situasi Kalimantan Barat hingga saat ini secara umum sangat kondusif. Berbagai agenda nasional seperti Pileg dan Pilpres baru saja dilaksanakan dengan aman, lancar, tertib dan elegan. 

“Hal ini sejalan dengan makna demokrasi, di mana masyarakat Kalimantan Barat melaksanakannya dengan rasa gembira dan suka cita, walaupun ada sedikit perbedaan namun dengan perbedaan tersebut mewarnai dalam pendewasaan dalam ikatan saling menghormati dan menghargai,” ujar Didi.

Didi mengingatkan, momentum di bulan Ramadan hendaknya dapat dijadikan sebagai sarana introspeksi diri agar bisa mendorong tumbuhnya persatuan, kebersamaan dan tali silatuhrahmi sosial. Sehingga dapat melahirkan sumber daya manusia yang  unggul serta mampu melakukan perubahan berpola pikir cerdas dan berbudaya yang simpatik, menarik dan disenangi oleh siapapun yang ada dan yang datang ke Kalbar.

“Mari kita selalu menjaga tali silaturahmi, menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat serta menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika sebagai kekuatan bangsa. Kita ketahui bersama bahwa dalam menciptakan rasa aman, perlu kerjasama dari kita semua dalam mengelola rasa aman itu setiap saat,” kata Didi.

“Dan menjadikan aman itu sebagai benteng dan perisai untuk menangkal dan mencegah timbulnya segala bentuk gangguan,” sambung Didi. 

Pada kesempatan itu, Didi beserta seluruh jajaran memohon restu untuk  menyongsong  pelaksanaan tugas operasi pengamanan hari raya Idulfitri 1440 melalui  penyelenggaraan Operasi Ketupat  2019 dengan titik berat kegiatan yaitu melakukan  pengamanan  arus mudik dan arus balik lebaran.  

“Semoga  agenda  pengamanan  tahunan  ini   dapat sama-sama kita selenggarakan    dengan baik, lancar, aman dan sukses,” harap Didi. 

Di penutup kegiatan, Didi didampingi Ketua Bhayangkari Daerah Kalimantan Barat, Eka Didi Haryono memberikan tali kasih kepada anak yati piatu. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari makna perayaan bulan suci Ramadan. (*/bah)