Pertamina Tegaskan Elpiji Tiga Kilogram Hanya untuk Masyarakat Miskin

Ponticity

Editor K Balasa Dibaca : 3212

Pertamina Tegaskan Elpiji Tiga Kilogram Hanya untuk Masyarakat Miskin
Pertamina Pontianak saat meninjau salah satu pangkalan elpiji subsidi di Pontianak, Jumat (24/5).
PONTIANAK, SP - Branch Marketing Pertamina Kalbar dan Kalteng, Muhammad Ivan Syuhada menegaskan elpiji subsidi tiga kilogram hanya untuk masyarakat miskin. Seberapa besar pun pihaknya menambah stok dan distribusi, jika di lapangan tidak tepat sasaran, maka semua akan sia-sia.

"Makanya yang harus dilakukan adalah benar-benar membatasi pembelian elpiji tiga kilogram oleh pihak pengecer yang akan mereka jual kembali pada masyarakat yang sebenarnya tidak berhak," ungkapnya, Jumat (24/5).


Pertamina sudah menegaskan dalam surat edaran, bahwa maksimal pangkalan menjual elpiji tiga kilogram kepada pengecer, hanya 10 hingga 15 persen. Sisanya harus pada masyarakat yang berhak.

"Kami sudah mewajibkan pembelian elpiji subsidi dengan menunjukkan KTP agar memang yang membeli benar-benar masyarakat yang berhak dan tidak berulang," katanya.

Harga di pangkalan pun harus sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp16.500. Apabila dijual di atas tersebut, maka agen elpiji akan memberi sanksi.

"Sudah banyak pihak pangkalan yang diberikan sanksi, mulai dari teguran pertama, kedua hingga PHU (pemutusan hubungan usaha)," katanya.
 
Sementara sanksi bagi Horeka yang menggunakan elpiji subsidi menjadi kewenangan pemerintah daerah setempat. Bisa berupa tidak memperpanjang izin usaha dan lainnya.

"Untuk antisipasi peningkatan permintaan menjelang, sepanjang bulan Ramadan dan Lebaran, kami sudah menambah stok secara bertahap sebanyak 136 ribuan tabung dari kebutuhan normal," ujarnya.

Hal tersebut malah membuat stok melimpah.

"Sehingga fokus kami saat ini adalah turun langsung guna memastikan bahwa yang menggunakan elpiji subsidi tersebut memang masyarakat yang berhak," katanya.

Pertamina Wilayah Kalbar, Jumat ini memantau langsung distribusi elpiji subsidi di tiga pangkalan di wilayah Kota Pontianak, diantaranya di pangkalan elpiji tiga kilogram Liliyati di kawasan Pasar Flamboyan, dan pangkalan elpiji tiga kilogram Grotius Onasys Khallington kawasan Pasar Mawar. Hasilnya mereka menjual elpiji subsidi sesuai HET. (bls)