Organisasi Mahasiswa Puji Kepemimpinan Didi Haryono

Ponticity

Editor elgiants Dibaca : 102

Organisasi Mahasiswa Puji Kepemimpinan Didi Haryono
BUKA PUASA BERSAMA - Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Didi Haryono buka puasa bersama organisasi kemahasiswaan dan organisasi kepemudaan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Perguruan Tinggi se Kalbar, di salah satu restoran di Pontianak, Rabu (29/5).
PONTIANAK, SP - Kedekatan Kapolda Kalimantan Barat, Inspektur Jenderal Polisi Drs Didi Haryono terhadap semua kalangan dinilai membuat suasana Kalimantan Barat berjalan kondusif.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum PKC PMII Kalbar, Mu'ammar Kadafi di sela-sela kegiatan buka bersama Kepala Kapolda Kalbar Irjen (Pol) Didi Haryono dengan organisasi Kemahasiswaan dan organisasi Kepemudaan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Perguruan Tinggi se Kalbar,  di salah satu restoran di Pontianak, Rabu (29/5).

“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya Polda Kalbar yang sangat sigap terkait penanganan insiden 22 Mei 2019 kemarin. Kedekatan beliau dengan semua kalangan masyarakat dinilai menjadi modal dan senjata utama yang mampu meredam percikan api kemaren,” ujar Mu'ammar. 

Dikatakan bahwa menjaga situasi Kalbar untuk selalu tetap kondusif bukan hanya tugas aparat kepolisian, melainkan tugas semua elemen masyarakat untuk mewujudkannya. 

“Untuk itu kami mengajak mari kita jaga dan rawat Kalimantan Barat yang penuh keberagaman ini,” pungkasnya.

Sementara Ketua Dewan Pimpinan Daerah Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia Kalimantan Barat (DPD GMNI), Rival Aqma Rianda menyampaikan apresiasi secara langsung atas kinerja Kapolda Kalbar dan jajarannya dalam mengawal keberlangsungan proses demokrasi pemilihan umum, sehingga berjalan dengan baik dan sesuai cita-cita kita bersama, khususnya Kalimantan Barat.

“GMNI Kalimantan Barat mengucapkan terima kasih atas bakti dan dedikasi Kapolda terhadap keberlangsungan proses demokrasi pemilihan umum berjalan dengan baik dan sesuai cita-cita kita bersama,” tutur Rival.

Selain itu, Rival juga mengapreasi atas keterbukaan Kapolda Kalbar dalam ruang-ruang perjumpaan atau berdialog, itu membuat organisasi kepemudaan merasa terbina dan bersinergi bersama untuk menjaga Kalbar.

Dirinya merasa bangga dan terharu terhadap kepemimpinan Polda Kalbar, di bawah kepemimpinan Irjen (Pol) Didi Haryono yang bekerja tanpa henti dan berjuang tanpa batas untuk Kalbar.

“Bekerja tiada henti, berjuang tanpa batas, siang dan malam menciptakan situasi aman dan damai itu betul adanya saya rasakan dan khususnya organisasi kepemudaan, sejarah organisasi kepemudaan akan mencatat nama Bapak (Kapolda),” tambahnya.

Sedangkan Kepala Kapolda Kalbar Irjen (Pol) Didi Haryono mengatakan, buka puasa bersama ini merupakan jalinan silaturahmi yang terus dipupuk Polri dengan BEM.

Harapannya makin meningkatkan soliditas dan sinergitas untuk selalu bergandengan tangan dalam menjaga stabilitas keamanan, guna terciptanya Kalimantan Barat yang aman, damai, kondusif, energik dan Mantap.

Di kesempatakan tersebut berbagai hal disampaikan oleh Kapolda Kalbar terkait situasi kamtibmas terkini.

“Situasi kamtibmas di wilayah hukum Polda Kalbar sangat kondusif. Sempat sedikit memanas di wilayah Kecamatan Pontianak Timur saat massa aksi 22 Mei lalu, namun karena kesigapan TNI-Polri dalam pengamanan dan penanganan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) dengan pola yang tepat, melibatkan Forkopimda dan segenap tokoh masyarakat, semua bisa kita reda dan bisa kita tangani dengan baik,” katanya.

Ia meminta agar anggota BEM ikut berperan, berpartisipasi aktif dengan pihak-pihak terkait bersama masyarakat tetap menjaga kondisi aman ini. 

Mahasiswa harus mampu membedakan informasi yang benar dan mana informasi yang hoaks, apabila berita itu bohong maka bantu sampaikan bahwa berita itu hoaks.

“Saat ini, kami TNI-Polri dan pemerintah sedang melaksanakan agenda pengamanan hari Raya Idul Fitri 1440 H di Wilayah Kalbar. Harapannya lebaran tahun ini semua berjalan lancar,” ujar Kapolda.

Selain itu, dia berbicara persoalan lain yang harus menjadi atensi bersama terkait mulai meningkatnya harga tiga kebutuhan pokok khususnya daging, minyak goreng dan  beras yang mulai merangkak naik melampaui Harga Eceran Tertinggi (HET) yang sudah ditentukan.

"Kita akan lakukan penindakan, biasanya menjelang Idul Fitri ada saja yang berspekulasi untuk menimbun bahkan menaikkan harga kebutuhan pangan dan seterusnya. Ini akan kita sikapi," ujar Kapolda. (iat/bah)