Halalbihalal BKKBN Ajak ASN Pelopor Tingkatkan Fungsi Keluarga

Ponticity

Editor Shella Rimang Dibaca : 131

Halalbihalal BKKBN Ajak ASN Pelopor Tingkatkan Fungsi Keluarga
Halalbihalal BKKBN bersama mitra dan pembinaan pegawai yang dilaksanakan di aula kencana BKKBN Kalbar, Kamis (13/6). Suara Pemred/Dino
PONTIANAK, SP - Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kalimantan Barat, Kusmana, mengajak Aparatur Sipil Negara di lingkungan BKKBN Provinsi Kalbar agar bisa menjadi pelopor untuk meningkatkan fungsi ketahanan keluarga.

Delapan fungsi keluarga menurut BKKBN ialah fungsi agama, sosial budaya, cinta dan kasih sayang, perlindungan, reproduksi, pendidikan, ekonomi, dan fungsi pelestarian lingkungan.

"ASN BKKBN harus bisa menjadi teladan dan contoh bagi masyarakat, sehingga pada saat melakukan sosialisasi tidak akan sulit," kata Kusmana, saat diwawancarai usai acara halalbihalal BKKBN bersama mitra dan pembinaan pegawai yang dilaksanakan di aula kencana BKKBN Kalbar, Kamis (13/6).

Kusmana mengatakan, momentum bulan syawal bagi saudara yang muslim sangat historis karena itu merupakan lanjutan pengaitan keimanan kepada Allah SWT.

Hal ini juga menurutnya menjadi momentum yang sangat strategis dalam rangka melaksanakan atau mengimplementasikan fungsi keluarga.

Ia menambahkan, keluarga adalah modal dasar dan modal utama pembangunan sumber daya manusia Indonesia yang nantinya akan melanjutkan pembangunan di masa yang akan datang.

"Di program BKKBN, pembangunan ketahanan keluarga menjadi utama karena itu yang diamanatkan di dalam undang-undang, bahwa pembangunan ketahanan keluarga menjadi salah satu fungsi dan fungsi BKKBN," ucapnya

Kepala BKKBN Provinsi ini juga menyampaikan, hal tersebut harus dimulai di lingkup ASN BKKBN bersama mitra yang selama ini bekerja sama dengan BKKBN bahu-membahu untuk melaksanakan sosialisasi tentang pentingnya pembangunan dan ketahanan keluarga, terutama dalam hal mengimplementasikan fungsi yang pertama dari delapan fungsi keluarga, yakni fungsi agama.

"Sehingga, keluarga-keluarga di Provinsi Kalbar bisa melaksanakan fungsi agama di dalam keluarga masing-masing," tambahnya

Kusmana juga kembali menegaskan, khusus ASN BKKBN sebagai petugas yang melaksanakan sosialisasi tentang pembangunan ketahanan keluarga, hal tersebut sangat penting karena akan menjadi teladan dan contoh bagi masyarakat.