Selasa, 24 September 2019


Pemkot Petakan Sekolah Adiwiyata

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 85
Pemkot Petakan Sekolah Adiwiyata

HALAL BIHALAL - Halal Bihalal bersama guru-guru se-Kota Pontianak di Masjid Raya Mujahidin, Sabtu (15/6). Ist

PONTIANAK, SP - Lingkungan sekolah menjadi hal penting dalam mencetak anak didik yang berkualitas, bermutu dan cerdas. Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menilai, tempat pendidikan yang baik dan berkualitas tidak akan mungkin tercapai bila lingkungan proses belajar mengajar di sekolah tidak memadai.

"Lingkungan sekolah yang tidak bersih, tidak segar, tidak hijau dan tidak kondusif, pastinya akan berdampak terhadap kualitas anak didik," ujarnya saat Halal Bihalal bersama guru-guru se-Kota Pontianak di Masjid Raya Mujahidin, Sabtu (15/6).

Menurutnya, untuk menciptakan lingkungan sekolah yang memadai itu, mesti dimulai dari sarana dan prasarana, baik ruang belajar mengajar, halaman sekolah, sarana olahraga dan ruang terbuka hijau. Dengan demikian, lingkungan sekolah menjadi lebih kondusif, familiar, ramah bagi anak didik, serta lebih segar dan hijau.

"Hal ini pasti akan memberikan nilai positif terutama kualitas anak didik. Tentunya anak didik akan mendapatkan pengetahuan dan karakternya terbentuk di lingkungan yang sehat dan hijau," jelas Edi.

Masih kaitan dengan lingkungan sekolah, ia menyebut sejumlah sekolah Adiwiyata sudah mulai diterapkan di Kota Pontianak. Bahkan sudah ada beberapa sekolah yang mendapat penghargaan Adiwiyata. Adiwiyata merupakan nama program pendidikan lingkungan hidup. Pihaknya akan terus meningkatkan sarana lingkungan sekolah, air bersih, pengolahan air limbah dan sebagainya.

"Termasuk fasilitas lain, seperti tempat mencuci tangan, toilet, kantin sehat, lingkungan hijau dan ruang belajar yang memenuhi standar," pungkasnya. (hms/din/bah)